Peluncuran SpaceX Banyak Tertunda, Elon Musk: Kami Jadi Paranoid Ekstra

Dini Listiyani ยท Rabu, 15 Juli 2020 - 15:09 WIB
Peluncuran SpaceX Banyak Tertunda, Elon Musk: Kami Jadi Paranoid Ekstra

Starship SpaceX (Foto: SpaceX)

MENLO PARK, iNews.id - SpaceX telah terjebak dalam jadwal peluncuran roket yang padat di sebagian besar 2020. Namun, dalam beberapa minggu terakhir SpaceX telah melakukan beberapa penundaan peluncuran.

SpaceX baru-baru ini menunda misi Starlink berikutnya, yang juga mencakup penyebaran satelit untuk perusahaan bernama BlackSky, untuk ketiga kalinya. Belum ada tanggal peluncuran baru untuk misi tersebut. Tapi, penundaan lain telah terjadi lagi.

Peluncuran satelit militer Korea Selatan yang dijadwalkan meluncur pekan ini tertunda. Kedua penundaan itu berada di atas peluncuran Starship kelima yang telah mengalami penundaan berulang kali tapi masih bisa diluncurkan pekan ini.

Penundaan cuaca akibat cuaca adalah salah satunya. Dan, SpaceX terus berurusan dengan roketnya. Penundaan terbaru terjadi karena masalah hardware dan ini jarang terjadi pada Falcon 9.

Penundaan misi Starlink terbaru dikarenakan checkout tambahan. Sementara peluncuran satelit Korea Selatan dibatalkan usai perusahaan memutuskan harus memeriksa tahap atas roket.

Jadi mengapa penundaan terjadi pada saat bersamaan? CEO SpaceX Elon Musk memutuskan untuk memberikan jawabannya ke Twitter. Dia memberikan wawasan singkat dan garis pemikiran perusahaan.

"Kami menjadi paranoid ekstra. Memaksimalkan kemungkinan peluncuran yang sukses adalah yang terpenting," kata Musk dalam tweet yang dilontarkan belum lama ini sebagaimana dikutip dari BGR, Rabu (15/7/2020).

Tweet itu sebagai tanggapan terhadap link sebuah berita mengenai penundaan peluncuran satelit Korea Selatan. Tapi, tampaknya tanggapan tersebut juga berlaku untuk misi tertunda lainnya.

SpaceX sangat sukses dan banyak dari keberhasilannya karena keandalan perusahaan. Hari-hari awal pengujian roket yang dapat digunakan kembali menyebabkan beberapa blooper reels yang cukup mengangumkan.

Tapi, tahun-tahun sejak perusahaan menyempurnakan strateginya telah melihat banyak misi pergi tanpa hambatan. Tidak ada yang menunjukkan, tren akan berubah.

Keputusan SpaceX menunda misi untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana adalah langkah yang tepat, terutama jika mencurigai ada sesuatu yang tidak beres dengan hardware-nya yang mahal.

Editor : Dini Listiyani