Penampakan Neptunus yang Diabadikan James Webb, Warna Biru Khasnya Hilang

Dini Listiyani · Kamis, 22 September 2022 - 07:28:00 WIB
Penampakan Neptunus yang Diabadikan James Webb, Warna Biru Khasnya Hilang
Penampakan Neptunus yang Diabadikan James Webb (Foto: NASA, ESA, CSA, and STScI)

JAKARTA, iNews.id - Teleskop luar angkasa James Webb (JWST) menangkap gambar pertamanya dari Neptunus. Gambar mengungkap raksasa es dalam cahaya baru. 

Gambar memberikan para astronom pandangan terbaik pada cincin es Neptunus selama 32 tahun, sejak pesawat luar angkasa Voyager 2 terbang melewati planet dalam perjalanan keluar dari tata surya. 

"Sudah tiga dekade sejak terakhir kali kami melihat pita samar dan berdebu itu, dan ini adalah pertama kalinya kami melihatnya dalam infrared," kata ilmuwan planet di Association of Universities for Research in Astronomy (AURA) Heidi Hammel.

Menariknya, selain cincin Neptunus yang terang dan sempit, gambar teleskop James Webb baru juga menunjukkan cincin debu yang lebih redup di sekitar Neptunus yang bahkan kunjungan dekat dan pribadi Voyager 2 ke planet ini pada 1989 tidak dapat mengungkapkannya.

Apa yang tampaknya hilang dari gambar JWST Neptunus adalah warna biru khas yang dikaitkan dengan raksasa es dari foto yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Warna biru ini, yang disebabkan oleh metana di atmosfer planet, tidak ada karena JWST melihat Neptunus dalam cahaya inframerah-dekat. Karena metana di awan es planet ini menyerap cahaya dengan kuat pada panjang gelombang ini, planet ini tampak cukup gelap bagi JWST di wilayah yang tidak tertutup oleh awan terang di ketinggian.

Fitur menonjol lainnya yang terlihat pada gambar JWST adalah serangkaian tambalan terang di belahan selatan Neptunus. Ini mewakili awan es ketinggian tinggi di atmosfer raksasa es yang memantulkan sinar Matahari sebelum metana di awan menyerapnya. 

Gambar JWST juga menyoroti pita awan lintang tinggi yang terus menerus mengelilingi pusaran yang sebelumnya diketahui terletak di kutub selatan Neptunus, sebagaimana dikutip dari Space.com.

Garis kecerahan tipis dan samar juga dapat terlihat di sekitar ekuator planet yang mungkin mengindikasikan sirkulasi global atmosfer Neptunus yang mendorong angin dan badai melintasi raksasa es itu.

Gambar itu juga menunjukkan sesuatu yang menarik di kutub utara Neptunus. Pada titik ini dalam orbit Neptunus 164-Bumi-tahun mengelilingi matahari, kutub utaranya tidak terlihat dari posisi JWST hampir 1 juta mil (1,5 juta kilometer) dari Bumi. 

Namun, teleskop ruang angkasa paling kuat yang pernah dibuat masih berhasil menemukan kecerahan yang menarik di wilayah kutub utara Neptunus. Gambar JWST juga memberi para ilmuwan pandangan tentang tujuh bulan Neptunus. 

Secara khusus, tepat di atas raksasa es dalam versi zoom-out dari pandangannya tentang Neptunus adalah titik cahaya terang yang mewakili bulan Triton. Bulan Neptunus ini dilapisi oleh lapisan beku nitrogen kental dan tampak begitu cerah, mengalahkan Neptunus yang gelap metana, karena memantulkan sekitar 70 persen sinar matahari yang jatuh di atasnya.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda