Pendaratan Astronot NASA ke Bumi Berpotensi Tertunda karena Cuaca

Dini Listiyani ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 13:05 WIB
Pendaratan Astronot NASA ke Bumi Berpotensi Tertunda karena Cuaca

Pendaratan astronot NASA ke Bumi (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Usai tinggal selama dua bulan di International Space Station (ISS), astronot NASA Doug Hurley dan Bob Behnken segera kembali ke Bumi menggunakan pesawat Crew Dragon. Namun, rencana pengembalian dua astronot NASA ini tampaknya akan tertunda.

NASA menargetkan 1 Agustus untuk undocking, dengan pendaratan terjadi pada hari berikutnya. Tapi, muncul kekhawatiran atas sistem cuaca yang berkembang yang dapat menyebabkan kondisi memburuk di zona splash dekat Florida dapat menyebabkan perjalanan menjadi tertunda.

Para pejabat NASA membahas persiapan terakhir untuk perjalanan pulang Crew Dragon dalam sebuah pertemuan pada Rabu, 30 Juli 2020. Mereka saat ini sedang memeriksa potensi topan tropis yang berkembang di Karibia.

“Kecepatan angin tidak bisa lebih dari 15 kaki per detik atau sekitar 10 mil per jam. Ini untuk melindungi bagaimana kendaraan mendarat di air dan bagaimana air akan muncul serta mengelilingi kendaraan saat mendarat,” kata Commercial Crew Program Manager Steve Stich yang dikutip dari Digital Trends, Kamis (30/7/2020).

Pada saat mendarat, NASA tidak ingin ada hujan di daerah tersebut. Mereka juga tidak ingin parasut atau kendaraan terkena hujan dan ada kilatan petir yang menyambar.

Setelah mendarat di air, kapal pemulihan segera mengangkut Crew Dragon ke deck utama sebelum membuka palka untuk memungkinkan para astronot keluar dari kapsul. Helikopter kemudian akan menerbangkan dua astronot dari kapal ke pantai.

Operasi itu juga berarti kondisi harus jelas dan tenang agar pilot helikopter yang ditugaskan menerbangkan Hurley dan Behnken kembali ke darat. Cuaca buruk bisa berarti visibilitas yang buruk. Jika geladak kapal bergerak terlalu banyak di dalam air, helikopter akan bisa mendarat. Stich mengatakan jika cuaca mulai terlihat sangat menyusahkan, maka mereka bahkan tidak akan berpikir untuk melepas pada Sabtu.

“Keindahan kendaraan ini adalah kita bisa tetap merapat ke stasiun luar angkasa dan menunggu cuaca cerah,” ujarnya.

Menjelang perjalana kembali ke Bumi, Behnken mencuitkan foto kendaraan SpaceX Crew Dragon merapat dengan International Space Station (ISS), berkomentar keluarganya sangat menantikan kepulangannya.

Editor : Dini Listiyani