Puing Roket China Seberat 25 Ton Akan Jatuh ke Bumi, Diperkirakan Terjadi pada 31 Juli 

Dini Listiyani · Kamis, 28 Juli 2022 - 08:00:00 WIB
Puing Roket China Seberat 25 Ton Akan Jatuh ke Bumi, Diperkirakan Terjadi pada 31 Juli 
Puing Roket China Seberat 25 Ton Akan Jatuh ke Bumi (Foto: CGTN)

JAKARTA, iNews.id - Potongan sampah antariksa besar China akan jatuh kembali ke Bumi sekitar akhir Bulan. Prediksi ini dituturkan langsung oleh para ahli belum lama ini. 

Objek yang dimaksud adalah stage inti sekitar 25 ton dari roket Long March 5B yang pada Minggu diluncurkan untuk mengorbitkan modul kedua di stasiun luar angkasa Tiangong yang sedang dibangun China. Badan roket kemungkinan akan tetap tinggi selama sekitar satu minggu. 

Menurut para peneliti dari The Aerospace Corporation's Center for Orbital Reentry and Debris Studies (CORDS) mereka telah menganalisis data pelacakan yang dikumpulkan oleh Space Force's Space Surveillance Network AS. Mereka memprediksi badan roket akan memasuki kembali atmosfer Bumi sekitar pukul 3.30 pagi EDT pada 31 Juli.

Perkiraan itu akan diperbarui dan disesuaikan seiring berjalannya waktu. Peneliti CORDS mengatakan, masih terlalu dini untuk memprediksi di mana roket China akan jatuh. Berdasarkan orbitnya, bagaimanapun, diketahui akan terjadi di suatu tempat antara 41 derajat lintang utara dan 41 derajat lintang selatan. Dan tidak semua benda akan terbakar di udara bumi.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda