Setahun Menuju Peluncuran James Webb Space Telescope

Dini Listiyani ยท Senin, 02 November 2020 - 10:53:00 WIB
Setahun Menuju Peluncuran James Webb Space Telescope
Teleskop luar angkasa James Webb (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Teleskop seolah menjadi mata para ilmuwan Bumi di luar angkasa. Tahun depan, NASA berniat meluncurkan teleskop baru, James Webb Space Telescope.

Pada 31 Oktober 2020 menandai satu tahun sebelum NASA berniat menempatkan teleskop luar angkasa James Webb ke orbit. Tahun depan, tepatnya pada 31 Oktober akan menjadi momen yang dinantikan para ilmuwan di seluruh dunia.

Teleskop luar angkasa Hubble sangat tua tapi masih membuat penemuan luar biasa. Nah, James Webb Space Telescope dikatakan 100 kali lebih kuat dari Hubble.

James Webb Space Telescope akan diluncurkan dari kompleks peluncuran European Spaceport ELA-3. Teleskop akan didorong ke orbit di atas roket Airanespace Ariane 5.

James Webb Space Telescope adalah mesin yang sangat besar. Namun, teleskop dapat dilipat seperti origami agar sesuai dengan pesawat luar angkasa dan di tempatkan segera di orbit, sebagaimana dikutip Slash Gears, Senin (2/11/2020).  

Selain mempunyai bentuk besar, James Webb Telescope juga sangat mahal. Teleskop ini dihargai 8,8 miliar dolar AS dan menjadi penerus Hubble dalam banyak hal.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: