Sistem Pasokan Udara di Stasiun Luar Angkasa Gagal

Dini Listiyani ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 16:18 WIB
Sistem Pasokan Udara di Stasiun Luar Angkasa Gagal

International Space Station (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Tinggal di luar angkasa tidak semudah di Bumi. Para astronot mengandalkan berbagai sistem untuk memastikan hal-hal vital seperti udara, air, dan makanan tersedia.

Di International Space Station (ISS), udara, makanan, dan air dikirimkan secara teratur. Air dapat didaur ulang tapi masih perlu diisi ulang sesekali dan makanan jelas bukan sesuatu yang digunakan kembali, sebagaimana dikutip dari BGR, Jumat (16/10/2020).

Udara atau lebih khusus lagi oksigen perlu dikirim secara teratur dan mesin memastikan adanya campuran oksigen yang baik di udara, sehingga awak tetap sehat dan waspada. Kegagalan pasokan udara adalah masalah yang cukup serius dan yang menutut perhatian segara.

Lalu, itulah yang terjadi saat ini di separuh Rusia di ISS. Menurut laporan baru, kelompok luar angkasa Roscosmos Rusia mengungkapkan, pasokan oksigen di modul Zvezda tidak berfungsi pada Rabu malam.

Masalah ini muncul saat pesawat luar angkasa Soyuz Rusia tiba di stasiun luar angkasa untuk mengantarkan trio ilmuwan baru, mengisi ISS dengan enam awak penuh. Roscosmos bersikukuh, meskipun sistem suplai oksigen rusak, tidak ada bahaya bagi kru.

Hal itu karena fakta, ada sistem suplai oksigen terpisah di sisi Amerika Serikat dari laboratorium yang mengorbit. Lalu, hardware itu beroperasi sebagaimana mestinya.

Namun demikian, jelas penting sistem oksigen yang rusak diperbaiki dan ini menjadi prioritas utama bagi kru. Menurut laporan tersebut, perbaikan sistem pasokan oksigen di separuh pesawat luar angkasa Rusia akan dilakukan sekarang.

Mengingat sifat santai dari pernyataan Roscosmos, kelompok tersebut tampaknya tidak terlalu khawatir. Kabar baiknya, kebocoran udara yang mengganggu di ISS mungkin akhirnya diisolasi.

Setelah berminggu-minggu pengujian dan pemantauan, NASA dan Roscosmos menentukan, kebocoran itu terletak di suatu tempat di model Zvezda, modul yang sama tempat sistem pasokan oksigen yang gagal berada. Kini, para kru yakin mereka akhirnya tahu di mana tempat kebocoran itu berkat kantong teh celup.

Editor : Dini Listiyani