SpaceX Berhasil Kirim Astronot NASA ke Luar Angkasa, Ini Reaksi Roscosmos

Dini Listiyani · Jumat, 12 Juni 2020 - 15:01 WIB
SpaceX Berhasil Kirim Astronot NASA ke Luar Angkasa, Ini Reaksi Roscosmos

Roket SpaceX (Foto: SpaceX)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Crew Dragon SpaceX berhasil mengirim astronot NASA ke International Space Station (ISS). Rusia telah menyaksikan peristiwa yang bersejarah bagi NASA dan SpaceX.

Langkah yang dilakukan SpaceX dan NASA adalah misi bersejarah. Sebelumnya, NASA bekerja sama dengan badan antariksa Rusia Roscosmos untuk mengirim astronotnya ke luar angkasa sejak program Space Shuttle ditutup.

Sejumlah pejabat Roscosmos telah menanggapi misi Crew Dragon yang berhasil mengirim astronot. Namun, tidak semuanya bangga terhadap misi yang dijalankan NASA dan SpaceX.

Tak lama setelah Crew Dragon berhasil diluncurkan dengan astronot di atas kapal, bos SpaceX Elon Musk melemparkan pukulan ke Rusia selama konferensi pers. Musk mengatakan, 'trampoline is working,' yang merupakan referensi untuk beberapa pernyataan licik yang dibuat oleh Head of Roscosmos Dmitry Rogozin, sebagaimana dikutip BGR, Jumat (12/6/2020).

Rogozin sebelumnya berkomentar, Amerika Serikat mungkin juga menggunakan trampoline untuk mengirim astronotnya ke luar angkasa. Kini, usai Amerika Serikat memiliki caranya sendiri untuk mengirim para traveler luar angkasa tanpa mengandalkan Rusia, lelucon Musk menarik perhatian Rogozin.

"Tolong sampaikan salam tulus saya kepada @elonmusk (saya suka leluconnya) dan tim @SpaceX," komentar Rogozin di Twitter.

Selain SpaceX, Rogozin juga men-tag administrasi NASA Jim Bridenstine. Dalam tweet-nya dia menyampaikan, 'Menantikan kerjasama lebih lanjut.'

Sementara itu, pernyataan Roscosmos sebenarnya tidak terlalu optimis. Badan antariksa Rusia ini menyampaikan tidak benar-benar memahami histeria yang dipicu oleh peluncuran pesawat luar angkasa Crew Dragon, sebagaimana dikutip dari BGR, Jumat (12/6/2020).

"Apa yang seharusnya terjadi sejak dulu terjadi," kata Vladimir Ustimenko, juru bicara Roscosmos.

Seperti yang dilaporkan Ars Technica, komentar positif Rogozin dengan cepat menghilang dari Twitter. Dia mengubahnya menjadi akun resmi Roscosmos.

Rogozin menindaklanjuti langkah itu dengan menerbitkan op-ed Forbes, di mana dia tampak lebih berapi-api dibandingkan komentarnya di Twitter.

"Elon Musk tidak menjatuhkan kita, dia menurunkan rekan senegaranya, Boeing yang melewatinya dengan tes penerbangan. Perang ini adalah miliki mereka, tapi bukan milik kita," kata Rogozin.

Dia juga mengkritik biaya yang terkait dengan peluncuran. Dia menyatakan, Rusia melakukan hal-hal dengan anggaran yang jauh lebih rendah, menekankan nilai platform roket Soyuz Rusia.

Editor : Dini Listiyani