Tri Indonesia Akan Ekspansi Jaringan ke Wilayah Timur Tahun Depan

Dini Listiyani ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 16:29 WIB
Tri Indonesia Akan Ekspansi Jaringan ke Wilayah Timur Tahun Depan

Tri Indonesia akan ekspansi jaringan ke wilayah Timur tahun depan. (Foto: iNews.id/Dini Listiyani)

JAKARTA, iNews.id - Tri (3) Indonesia berencana untuk memperluas jaringan mereka ke wilayah Indonesia Timur. Ekspansi tidak akan terjadi sekarang, tapi tahun depan.

Tahun depan, Tri Indonesia berencana untuk menghadirkan jaringan di Indonesia Timur. Sayangnya, pihak Tri belum menyebutkan kota mana saja yang akan menjadi target incaran mereka.

"Sekarang kotanya masih ditinjau. Yang padat penduduknya diprioritaskan," kata Chief Commercial Officer Tri Indonesia Dolly Susanto saat ditemui di kawasan mal Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Kehadiran jaringan Tri di wilayah Indonesia Timur tidak akan terjadi tahun ini. Operator seluler ini berharap rencana mereka menghadirkan jaringan di Indonesia Timur dapat terealisasi tahun depan.

"Tahun depan (masuk Indonesia Timur). Tahun ini kami fokus ke Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Lombok," kata Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung.

Ekspansi jaringan ke wilayah Indonesia Timur didorong kehadiran Palapa Ring oleh pemerintah sebagai backbone. Dengan begitu, operator bisa lebih mudah ekspasi ke wilayah tersebut.

Untuk diketahui, selama 2019 Tri Indonesia telah melakukan perluasan jaringan dengan menambahkan 9.000 Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Secara total, saat ini BTS Tri sudah mencapai 27 ribu.

Berkat perluasan, jaringan Tri Indonesia sudah mampu menjangkau 200 juta pengguna di 300 kabupaten, 3.000 kecamatan, dan 33.000 desa di seluruh Indonesia.

Editor : Tuty Ocktaviany