Lebaran 2020, Trafik Data XL Axiata Naik 25 Persen

Oleh karena itu, tidak heran bila trafik layanan naik signifikan untuk berbagai jenis layanan, termasuk yang bersifat hiburan. Dalam pusat monitoring XL Axiata tercatat jenis layanan data yang mengalami kenaikan trafik paling tinggi selama perideo Lebaran dibanding hari normal sebelum pandemi Covid-19.
Empat layanan itu terdiri atas Instant Messaging (IM) 32%, Video Call dan sejenisnya meningkat sebesar 26%, Social Network Service 22%, serta Streaming (game, video, music, movie) 14%.
Penggunaan layanan video call mengalami kenaikan karena masyarakat memanfaatkannya untuk bersilaturahmi, sebagai pengganti tidak bisa mudik atau berkunjung langsung. Sementara itu, layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze tidak banyak lagi diakses seperti Lebaran tahun lalu karena saat ini mudik dan perjalanan antar daerah terlarang bagi masyarakat.
Editor: Dini Listiyani