Asyik, Selain Stimulus Ongkir Akan Ada Program Baru Pascalebaran untuk Masyarakat

Dimas Andhika Fikri · Senin, 03 Mei 2021 - 22:34:00 WIB
Asyik, Selain Stimulus Ongkir Akan Ada Program Baru Pascalebaran untuk Masyarakat
Kemenparekraf siapkan program Pascasarjana untuk UMKM dan masyarakat (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi Covid-19, UMKM turut merasakan dampak signifikan. Dalam rangka membangkitkan kembali UMKM Tanah Air, pemerintah menyalurkan sejumlah stimulus.

Salah satu yang ramai diperbicangkan adalah terkait subsidi ongkos kirim (ongkir) untuk belanja online produk-produk lokal. Program ini mengemuka seiring kebijakan pemerintah melarang kegiatan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

"Pemerintah akan meluncurkan program ini. Pelaksanaannya oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang tentunya bekerjasama dengan perusahaan pemilik platform e-commerce yang ada dalam asosiasi e-commerce Indonesia atau Idea. Detailnya akan diumumkan oleh Kemendag," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Extended Weekly Press Briefing di Kemenparekraf, Jakarta Senin, (3/5/2021).

Menurut Sandiaga, program ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah di tengah kesulitan ekonomi dan pandemi. "Ini bagian inovasi, adaptasi, kolaborasi, di mana insentif ongkir tentunya sangat dibutuhkan UMKM dan masyarakat saat mereka tidak bisa hadir di kampung halamannya. Mereka ada kesempatan untuk beli produk UMKM ekonomi kreatif (ekraf) sebagai hantaran lebaran," ujarnya.

Senada, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, kebijakan stimulus ongkir dalam menyambut Lebaran telah diputuskan, pelaksanaan teknisnya ada di Kemendag. "Jadi memang nanti dilaksanakan oleh Kemendag, nanti mereka kerja sama dengan industri untuk memberikan stimulus tersebut," ujarnya.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2