Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee, Jangan Kehilangan Garansi
JAKARTA, iNews.id - Informasi mengenai cara mengajukan pengembalian barang di Shopee penting untuk diketahui oleh setiap konsumen e-commerce tersebut. Shopee merupakan salah satu situs elektronik komersial terbesar di Indonesia.
Shopee selaku pihak aplikator memang diketahui telah menyediakan fitur pengembalian barang dan dana Shopee bagi pengguna yang mengalami masalah. Khususnya saat konsumen selesai berbelanja di aplikasi tersebut.
Cara mengajukan pengembalian barang di Shopee dapat dilakukan dengan beberapa ketentuan. Ini juga berlaku untuk cara menukar barang yang sudah diterima.
Dikutip iNews.id dari laman resmi Help Shopee, Selasa (5/7/2022), pastikan konsumen telah menerima pesanan dengan baik sebelum klik 'Pesanan Diterima'.
Pasalnya, konsumen hanya dapat mengajukan permintaan pengembalian barang/dana jika belum memilih 'Pesanan Diterima' di halaman Rincian Pesanan.
Setelah memilih 'Pesanan Diterima', Garansi Shopee untuk pesanan akan dihentikan dan pembayaran akan dilepaskan ke Penjual. Dengan kata lain, cara pengajuan pengembalian dana di Shopee hanya bisa dilakukan sesuai dengan ketentuan tersebut. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bahwa konsumen telah menerima pesanan dalam kondisi baik sebelum klik 'Pesan Diterima'.
- Buka aplikasi Shopee
- Pilih Saya
- Pilih tab Dikirim
- Pilih Pesanan
- Pilih Ajukan Pengembalian
- Pilih produk yang akan dikembalikan di Rincian Pesanan
- Pilih Alasan
Berikut ini adalah alasan pengembalian barang/dana yang dapat Anda pilih:
Produk tidak sampai
Produk tidak lengkap/kosong (Contoh: bagian produk ada yang hilang atau kurang).
Produk cacat (Contoh: produk penyok, ada goresan, atau retak).
Produk tidak berfungsi dengan baik
Produk tidak original
Produk berbeda dengan deskripsi/foto