Transformasi Digital bagi Pelaku Kreatif, Ini Kiatnya!

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama dua tahun lebih. Kini, sektor ekonomi kreatif secara perlahan bangkit dari keterpurukan.
Hal ini menjadi momen bagi pelaku kreatif untuk memulai bisnis agar makin berkembang. Salah satu kiat untuk memperluas pasar di bagi pelaku kreatif adalah bertransformasi digital.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, saat ini perekonomian Indonesia sudah mulai berangsur membaik dan ada semangat untuk bangkit dan pulih. Namun banyak dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih menghadapi tantangan ekonomi dampak dari pandemi Covid-19.
"Salah satu peran utama dari pembangkit perekonomian di Indonesia yakni adanya peran sektor UMKM. Dorongan kepada UMKM untuk terus maju selalu digiatkan salah satunya dengan digitalisasi," ujar Sandiaga Uno beberapa waktu lalu.
Menurut Sandiaga, pada 2023 pemerintah telah menargetkan 30 juta UMKM masuk ke pasar digital atau e-commerce. Berbagai kolaborasi bersama pemerintah daerah hingga swasta terus diupayakan. Dengan demikian, pelaku kreatif yang melakukan digitalisasi diharapkan dapat berdaya saing, menggenjot perekonomian, dan menembus pasar global.