Bertranformasi di Dunia Digital, Ini Larangan dan Etika yang Harus Diperhatikan! 

Vien Dimyati · Rabu, 21 September 2022 - 22:49:00 WIB
Bertranformasi di Dunia Digital, Ini Larangan dan Etika yang Harus Diperhatikan! 
Gunakan bahasa yang baik dan benar saat bermedia sosial (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak yang bisa dimanfaatkan dari penggunaan media sosial. Selain dijadikan media berpromosi, juga digunakan sebagai media informasi.

Kendati bersifat virtual, pergaulan di dunia maya tetap membutuhkan tata krama dan etika layaknya di dunia nyata. Dari sejumlah data yang dikeluarkan beberapa lembaga internasional, warganet di Indonesia membutuhkan penerapan etika berinternet yang lebih baik.

Dosen UIN Antasari Banjarmasin Muhammad Ridha mengatakan, dalam dunia digital dibutuhkan etika untuk berkata baik dan benar. Mengapa? Menurut dia, pertama, ada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang bisa menjerat seseorang dengan tuduhan pencemaran nama baik atau penghinaan, pemerasan atau pengancaman, serta melanggar kesopanan maupun ujaran kebencian. Dengan begitu, apabila menggunakan kata yang baik dan benar, setidaknya akan terhindar dari jeratan UU ITE.

"Manfaat berbahasa yang baik dan benar di dunia digital adalah bisa menjaga keharmonisan, dikenal dan dikenang sebagai netizen yang baik dan ramah, serta akan memiliki banyak teman dan terhindar dari jeratan UU ITE,” ujar Ridha melalui keterangannya belum lama ini.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda