Mengenal Kain Ikat Inuh Khas Lampung Selatan

Heri Fulistiawan ยท Kamis, 08 April 2021 - 14:30:00 WIB
Mengenal Kain Ikat Inuh Khas Lampung Selatan
Kain Ikat Inuh Khas Lampung Selatan (Foto: Heri Fulistiawan)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak kerajinan tangan di berbagai daerah yang bisa dikenal wisatawan. Terutama jika Anda singgah ke Lampung Selatan. Di sini, terdapat kain ikat Inuh yang mulai dikenalkan kepada wisatawan.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lampung Selatan, tengah gencar mempromosikan objek-objek wisata yang ada di kabupaten gerbang krakatau ini, salah satunya wisata Kebun Edukasi. Objek wisata ini dibangun oleh pemerintah daerah setempat secara gotong-royang (nonAPBD).

Disparbud Lampung Selatan memiliki tugas dan tanggungjawab untuk mempromosikan dunia wisata di Lampung Selatan secara terus-menerus. Tujuannya agar pariwisata di Lampung Selatan bisa dikenal oleh masyarakat lebih luas.

Ketua Umum Dekranasda Winarni Nanang Ermanto mengatakan, Lampung Selatan kaya akan potensi wisata, seni dan budaya. Keindahannya tidak kalah menarik dengan yang dimiliki daerah lain di Indonesia.

Menurutnya, destinasi wisata di Kabupaten Lampung Selatan meliputi wisata alam, pegunungan, wisata pantai dan juga wisata bahari. Begitu juga dengan wisata seni budaya yang hingga kini masih terus dilestarikan, agar tidak lekas punah termakan oleh zaman dan waktu.

"Sekarang ini yang lagi kami promosikan secara terus menerus baik secara langsung maupun lewat media promosi adalah objek wisata Kebun Edukasi yang berlokasi di belakang rumah dinas bupati. Penataan dan pengembangannya saat ini masih terus dilaksanakan," ujar Winarni Rabu (7/4/2021).

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2