Mengenal Kebiasaan Baru di Era Digital yang Wajib Diketahui 

Vien Dimyati · Kamis, 22 September 2022 - 12:25:00 WIB
Mengenal Kebiasaan Baru di Era Digital yang Wajib Diketahui 
Kebiasaan Baru di Era Digital (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Di tengah masa transformasi digital, masyarakat harus bijak dalam bermedia sosial. Menjaga etika sangat penting, sebab Indonesia merupakan negara yang memiliki perbedaan budaya, bahasa, agama, dan adat-istiadat.

Namun, perbedaan tersebut seharusnya tidak menjadi persoalan apabila setiap masyarakat mengedepankan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Sebagaimana di dunia nyata, sikap saling menghormati antar sesama juga harus dapat diaplikasikan di dunia maya.

Dosen Ilmu Komunikasi sekaligus Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Eko Pamuji mengatakan, budaya digital merupakan kebiasaan baru masyarakat atas hasil olah pikir, kreasi, dan cipta karya yang berbasis teknologi internet. Contohnya, menggelar webinar, pendidikan online, transportasi online, penggunaan media sosial, ataupun berbelanja secara online.

"Sekarang ini, pendidikan multikulturalisme kepada warganet sangat diperlukan sehingga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, Indonesia memiliki budaya yang berbeda-beda," ujar Eko Pamuji melalui keterangannya belum lama ini.

Menurut dia, memahami multikulturalisme juga untuk menghindari sejumlah hal negatif seperti disparitas kelompok ekonomi atas dan bawah serta menghindari salah paham antar budaya yang kerap menjadi sebab konflik sosial.

"Sebagai pengguna internet harus tahu kita berada di ruang yang berbeda-beda atau beraneka budaya dan keragamannya, tetapi tetap satu. Indonesia harus di atas segala-galanya,” kata dia. 

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda