Mengenal Kesenian Lengger Banyumas lewat Film Tarian Lengger Maut, Miliki Aura Mistis

Vien Dimyati · Senin, 31 Mei 2021 - 22:39:00 WIB
Mengenal Kesenian Lengger Banyumas lewat Film Tarian Lengger Maut, Miliki Aura Mistis
Kesenian Lengger Banyumas (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak budaya dan tradisi di setiap daerah yang memiliki keunikan. Budaya tersebut ada yang dilestarikan hingga sekarang, ada juga yang hampir punah.

Maka itu, diperlukan cara untuk tetap melestarikan budaya dan tradisi, salah satunya diangkat melalui film. Seperti yang dilakukan oleh anak muda kreatif Banyumas.

Produser film ini adalah Aryanna Yuris, Eye Supriyadi, dan Cristian Imanuell. Dia mengangkat budaya Banyumas ke dalam cerita film berjudul Tarian Lengger Maut.

Film ini dirilis oleh Visinema Pictures yang berkolaborasi dengan Aenigma Pictures. Tayang sejak 13 Mei 2021 dan disutradarai oleh Yongki Ongestu. Film bergenre thriller misteri ini akan membuat penonton terbawa suasana, sekaligus mengetahui seluk beluk tradisi kesenian Lengger.

Lantas seperti apa budaya Lengger khas Banyumas?

Kesenian Lengger merupakan tarian tradisional atau yang biasa dikenal ronggeng. Biasanya, tarian ini dimainkan oleh dua hingga empat orang laki-laki yang didandani serupa perempuan dengan pakaian khas. 

Mengutip dari Kemendikbud, tarian Lengger hadir di Banyumas sejak 1755. Namun, hingga saat ini belum diketahui siapa penciptanya, karena tarian ini merupakan kesenian yang berasal dari rakyat.

Tidak hanya menari, para seniman Lengger juga membawakan lagu tradisional Banyumas dengan iringan musik gamelan atau calung.

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel: