Sandiaga Uno Pastikan Pembukaan Border Turis Asing Tetap Sesuai Target Juni-Juli

Novie Fauziah ยท Senin, 03 Mei 2021 - 21:58:00 WIB
Sandiaga Uno Pastikan Pembukaan Border Turis Asing Tetap Sesuai Target Juni-Juli
Border turis asing tetap dibuka pada Juni-Juli (Foto: Dimas)

Oleh karenanya hal ini juga berkaitan dengan pelarangan mudik di Lebaran tahun ini. Meniadakan semua transportasi, termasuk penerbangan, terlebih warga negara India yang sangat dibatasi memasuki wilayah Indonesia. 

Khawatir jika itu tetap dilakukan, akan berdampak terhadap masyarakat Indonesia dan berujung seperti kasus di India, terjadi tsunami Covid-19.

"Kita tidak ingin itu terjadi di Indonesia oleh karena itu langkah-langkah antisipatif dan preventif dilakukan, salah satunya adalah peniadaan mudik juga langkah secara tegas menutup penerbangan dan perbatasan kita bagi warga negara dari India untuk masuk ke Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf, R Kurleni Ukar, mengatakan, pihaknya juga akan melihat perkembangan kasus yang ada.

"Akan ada monitoring data dulu apakah memungkinkan atau tidak. Kita gak akan gegabah buka border. Yang penting kesiapan industri dan Pemda agar wisatawan yang datang tidak membawa Covid-19 dan kena Covid-19 saat di Indonesia," kata dia.

Editor : Vien Dimyati