5 Tempat Wisata di Medan Tereksotis, Nomor 3 Bisa Lihat Danau Toba dari Menara

Vien Dimyati · Rabu, 07 Oktober 2020 - 18:19:00 WIB
5 Tempat Wisata di Medan Tereksotis, Nomor 3 Bisa Lihat Danau Toba dari Menara
Keindahan tempat wisata di Medan (Foto: Instagram IG@titibobrok)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tempat wisata di Medan yang bisa dijelajahi saat libur tiba. Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.

Medan juga memiliki keanekaragaman suku, etnis, dan budaya. Selain keragaman, Medan juga menyimpan berbagai objek wisata eksotis.

Travelling ke Medan, belum lengkap tanpa mengunjungi objek wisata paling ikonik, yaitu Danau Toba. Danau terluas di Asia Tenggara ini terkenal hingga penjuru dunia.

Berada di Danau Toba, wisatawan dapat menikmati hamparan air danau yang jernih dengan latar belakang pemandangan pegunungan hijau. Di antara pegunungan tersebut juga terdapat berbagai desa yang memiliki spot wisata yang eksotis.

Belum lagi jika Anda menyeberang ke tengah danau. Di sini terdapat Pulau Samosir. Pulau ini kental memiliki budaya yang khas dan legenda menarik untuk dikunjungi.

Medan tidak hanya memiliki Danau Toba yang ikonik. Di sini juga terdapat berbagai objek wisata lain, salah satunya Istana Maimun. Istana Kesultanan Deli.

Selain itu, ada juga air terjun yang eksotis Telaga Dwi Warna. Sesuai namanya, air terjun ini memiliki dua aliran air terjun berwarna putih dan biru. Ada juga objek wisata yang menawarkan pemandangan Instagramable. Anda bisa mengunjungi Taman The Le Hu Garden, Tjong A Fie Mansion, dan lainya.

Tertarik menjelajahi tempat wisata di Medan yang menarik? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui berbagai Instagram, Rabu (7/10/2020).

1. Tempat Wisata di Medan Istana Maimun

(Foto: Instagram IG@muelanthonius.photo)
(Foto: Instagram IG@muelanthonius.photo)

Istana Maimun merupakan salah satu destinasi di Medan yang tidak boleh dilewatkan. Istana peninggalan Kesultanan Deli ini masih berdiri kokoh meski sudah berusia ratusan tahun. Istana ini menjadi ikon Kota Medan.

Istana Maimun dibangun oleh sultan Deli, Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah. Pembangunan istana ini dimulai pada 26 Agustus 1888 dan selesai 18 Mei 1891. Hingga kini, Istana Maimun masih menjadi bukti atas kemegahan dari Kesultanan Deli pada masanya.

Berada di sini, wisatawan dapat mengenal sejarah Kesultanan Deli. Selain itu, Anda juga akan disajikan dengan kemegahan istana yang memiliki arsitektur unik. Istana ini dipengaruhi tiga kebudayaan, yaitu Melayu, Islam, dan Eropa. Di sini, Anda juga bisa melihat meriam bersejarah yang bernama meriam Puntung. Berdasarkan legenda dari masyarakat, meriam ini merupakan jelmaan adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli tua bernama Mambang Khayali.

Editor : Vien Dimyati