3 Alternatif Pengganti Susu Sapi, Ini Pilihannya

Okezone.com ยท Sabtu, 26 September 2020 - 22:05 WIB
3 Alternatif Pengganti Susu Sapi, Ini Pilihannya

Pengganti susu sapi (Foto: Indiantimes)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak suka susu? Minuman sehat berwarna putih dan segar ini memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Bahkan, susu sapi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Selain rasanya enak, kandungan gizinya juga tinggi. Jadi banyak manfaat jika mengonsumsinya.

Namun ada beberapa orang tidak bisa meminum susu sapi. Alasannya mulai karena alergi, sedang diet, atau menjalani pola makan vegetarian.

Salah satu cara mengatasi keadaan ini adalah mengganti susu sapi dengan susu nabati. Susu nabati punya rasa yang enak, kemudian tekstur dan manfaatnya baik untuk kesehatan.

Banyak jenis susu nabati yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti susu sapi. Berikut ini tiga di antaranya, sebagaimana dirangkum, Sabtu (26/9/2020).

1. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah bahan pengganti susu yang paling banyak digunakan dalam keseharian. Selain banyak dijual di pasaran, susu kedelai juga mudah dibuat sendiri di rumah.

Rasanya yang gurih dan legit membuat susu ini banyak disukai orang dari berbagai kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Warna susu kedelai yang putih bersih juga membuatnya bisa ditambahkan dalam olahan masakan tanpa merusak warna.

Susu kedelai punya tekstur yang lebih kental dibandingkan susu sapi. Lalu soal nutrisi tidak perlu diragukan. Susu kedelai mengandung banyak sumber gizi.

2. Susu almond

Susu almond berasal dari kacang almond yang dihaluskan lalu dicampur dengan air. Susu ini memiliki konsistensi yang lebih cair dibandingkan susu sapi.

Dikarenakan berasal dari kacang almond, susu ini memiliki aroma dan rasa khas. Sebagai bahan tambahan dalam olahan makanan diet, susu almond mempunyai kadar kalori yang jauh lebih rendah dibanding susu sapi, namun rasanya tidak kalah lezat.

3. Santan

Coconut milk atau santan sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan dengan maksud mengganti susu. Santan memang tidak umum dikonsumsi langsung, tetapi cairan kental berwarna putih bersih ini biasa dicampur dalam masakan gurih maupun olahan masakan manis.

Santan diperoleh dari daging kelapa yang diparut, kemudian diberi air dan diperas. Dikarenakan berasal dari bahan nabati, santan sama sekali tidak mengandung lemak jahat alias kolesterol.

Editor : Vien Dimyati