3 Bahan Sederhana Ini Bisa Jadi Pengganti Telur, Kue Tetap Lembut dan Enak

Vien Dimyati ยท Kamis, 09 April 2020 - 12:05 WIB
3 Bahan Sederhana Ini Bisa Jadi Pengganti Telur, Kue Tetap Lembut dan Enak

Bahan pengganti telur (Foto : Simplemost)

JAKARTA, iNews.id - Setelah seharian di rumah, tiba-tiba Anda ingin membuat kue lezat dan enak. Tetapi di rumah tidak ada telur.

Jangan khawatir, Anda bisa mengganti telur dengan bahan sederhana lain. Meski tidak memakai telur Anda bisa membuat kue lezat dan enak.

Bahkan Anda bisa menghasilkan tekstur kue yang lembut tanpa mengurangi nilai gizi dari telur. Jadi, Anda jangan putus asa jika di rumah tidak ada telur. Apa saja bahan-bahan tersebut? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Simplemost, Kamis (9/4/2020).

Biji Rami

Flax seed atau biji Rami sangat kaya lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Di dalamnya terdapat asam lemak omega 3 yang penting untuk menjaga jantung.

Biji Rami bisa menjadi salah satu pengganti telur terbaik. Apalagi jika Anda ingin membuat kue panggang. Biji rami bisa menjadi pengganti telur. Cocok bagi Anda yang ingin membuat roti, pancake, hingga kue. Anda akan memiliki bonus nutrisi bergizi dari biji rami.

Anda cukup mencampur air dan biji rami untuk setiap telur dan membiarkannya di lemari es selama lima menit saat Anda menyiapkan resep.

Air Soda

Katakanlah Anda juga tidak memiliki biji rami. Jangan khawatir. Air Soda adalah pengganti telur yang bagus untuk memanggang kue. Para koki di The Kitchn mengatakan, air berkarbonasi adalah salah satu pengganti terbaik untuk telur dalam resep memanggang.

Tentu saja, Anda harus memastikan, menggunakan air berkarbonasi biasa dan tidak yang memiliki aroma kecuali Anda ingin kue tersebut beraroma. Keuntungan lainnya, air soda mudah disimpan dan tidak akan kedaluwarsa, jadi Anda selalu bisa memastikannya.

Saus Apel

Saus apel adalah sel telur besar lainnya yang bisa dijadikan pengganti telur. Tetapi perlu diingat, jika menggunakan saus apel manis, Anda harus mengurangi jumlah gula yang akan dimasukkan ke dalam resep. Tujuannya agar rasa kue tidak terlalu manis.

Editor : Vien Dimyati