4 Trik Menggoreng Paha Ayam Tanpa Kulit agar Enak dan Legit

Sindonews.com ยท Sabtu, 26 September 2020 - 22:58 WIB
4 Trik Menggoreng Paha Ayam Tanpa Kulit agar Enak dan Legit

Mencicipi ayam goreng (Foto: themeatmart)

JAKARTA, iNews.id - Daging ayam merupakan salah satu bahan utama yang banyak dijadikan menu masakan lezat. Kapan saja, daging ayam mudah dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat.

Selain digoreng, bakar atau panggang, ayam juga tidak kalah nikmat diolah menjadi hidangan lain.

Kebanyakan orang, memasak ayam goreng tradisional pasti tidak membuang bagian kulit. Kulit menjadi salah satu bagian terenak dari ayam. Tetapi, bagi sebagian orang, kulit tidak digunakan.

Mereka lebih memilih memasak daging ayam tanpa kulit, dengan alasan kesehatan. Selain itu, kulit ayam memiliki banyak kandungan lemak.

Meski memasak ayam tanpa kulit, Anda masih tetap bisa merasakan olahan daging ayam yang lezat. Tentu dengan teknik tepat dalam mengolah daging ayam.

Lantas seperti apa triknya? Berikut ulasannya dilansir dari Live Strong.

1. Melapisi

Meski paha ayam tidak berkulit, Anda tetap bisa melapisi dengan beberapa jenis breading. Untuk melakukan ini, rendam paha ayam dalam susu, buttermilk atau setengah-setengah selama 2 jam di lemari es. Campurkan lapisan pilihan Anda. Empat cangkir tepung yang dibumbui dengan paprika, cabai rawit, lada hitam, dan garam adalah pilihan terbaik. Keluarkan paha dari lemari es dan letakkan di atas piring dan sampai siap digoreng.

2. Minyak

Saat ayam sudah siap, isi wajan dengan sekitar satu inci minyak kanola, kacang tanah atau bunga matahari. Minyak ini relatif rendah lemak jenuh, sehingga menggoreng tidak seburuk minyak lain, namun rasa cukup ringan untuk tidak mengubah rasa ayam goreng. Panaskan minyak dengan api sedang sampai besar hingga mencapai 375 F.

3. Pengaturan waktu

Jika menggunakan paha ayam tanpa tulang, goreng selama 7 hingga 8 menit setiap sisi sampai lapisan berwarna keemasan dan renyah. Jika Anda menggunakan tulang paha, kurangi panas hingga 325 F dan goreng selama 10 hingga 12 menit setiap sisi. Angkat ayam dan tiriskan di rak kawat di atas loyang untuk menghilangkan minyak berlebih.

4. Suhu

Departemen Pertanian AS merekomendasikan memasak semua unggas dengan suhu internal 165 F. Apa pun yang kurang dari suhu ini dapat membuat Anda terpapar patogen, dapat menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui makanan. Jika ayam belum mencapai suhu ini, lanjutkan memasak satu atau dua menit lagi setiap sisi.

5. Penyimpanan

Simpan ayam yang tersisa dalam wadah kedap udara dalam waktu 2 jam setelah memasak. Paha ayam goreng disimpan sekitar 3 sampai 4 hari di lemari es. Untuk ayam yang disimpan di freezer, buang setelah sekitar 4 bulan. Meskipun ayam tidak akan membusuk, kualitasnya akan menurun setelah waktu tersebut.

Editor : Vien Dimyati