5 Asinan Betawi Paling Segar, Enak Pakai Sambal Kacang dan Kerupuk

Vien Dimyati ยท Senin, 19 Oktober 2020 - 17:40:00 WIB
5 Asinan Betawi Paling Segar, Enak Pakai Sambal Kacang dan Kerupuk
Mencicipi asinan Betawi (Foto: IG@just.kerispi)

JAKARTA, iNews.id - Asinan Betawi merupakan salah satu makanan khas Jakarta yang digemari banyak orang. Makanan berkuah yang memiliki rasa pedas dan asam ini biasanya memiliki isian sayuran segar yang diawetkan.

Anda bisa membuat asinan Betawi dengan bahan-bahan pilihan. Jika ingin membuat asinan Betawi berbahan dasar sayuran, Anda bisa menyiapkan beberapa sayuran, seperti kol, sawi, selada, taoge, tahu putih, dan kacang tanah.

Asinan betawi juga tergolong makanan yang menyehatkan, karena banyak mengandung sayur-sayuran. Sebagai pelengkap, asinan Betawi biasanya ditambahkan dengan kerupuk mi kuning dan kerupuk merah.

Anda juga bisa mengkreasikan isi asinan Betawi dengan berbagai isian. Biasanya, asinan Betawi dimasak dengan cara pengacaran. Untuk bumbu kuah, asinan Betawi terbuat dari bumbu kacang yang segar karena dicampur dengan cuka dan cabai.

Tertarik membuat asinan Betawi segar dan enak? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui berbagai Instagram, Senin (19/10/2020).

Asinan Betawi Wortel

(Foto: IG@yulyan_parwati)
(Foto: IG@yulyan_parwati)

Bahan:
2 wortel, potong korek api
100 gr tauge
Kol, iris
2 tahu goreng putih, potong dadu
Daun Selada scukupnya
Kacang goreng untuk taburan

Bahan Saus:
80 gr kacang goreng
6 cabai merah keriting
1 sdm pasta asam Jawa
40 gram gula Jawa/gula merah
300 ml air
1sdt garam atau sesuaikan

Cara Membuat:
1. Campur jadi 1 semua bahan saus kacang di panci (sauce pan). Masak hingga mendidih dan sedikit mengental. Koreksi rasa dan dinginkan.
2. Siapkan di piring sayuran biarkan semuanya tetap mentah, kecuali tahu goreng dan kacang goreng. Siram dengan sausnya. Lalu Sajikan dengan kerupuk mi kuning di atasnya.


Editor : Vien Dimyati