Asyiknya Berburu Kuliner Solo Usai Pernikahan Kahiyang-Bobby

Vien Dimyati ยท Rabu, 08 November 2017 - 15:22 WIB
Asyiknya Berburu Kuliner Solo Usai Pernikahan Kahiyang-Bobby

Kuliner khas Solo (Foto: Indonesiana Merah Putih)

JAKARTA, iNews.id - Pagi tadi, sejumlah prosesi adat Jawa pada pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution selesai digelar. Sejumlah tamu undangan bergantian memberikan selamat pada kedua mempelai dan keluarga.

Bagi Anda yang saat ini berada di Solo, sayang rasanya tidak berwisata kuliner di sana. Di sekitar venue pernikahan, Graha Saba Buana, Solo, banyak sekali tempat wisata kuliner yang harus didatangi.

Ada beragam kuliner enak, tapi murah dan ramah di kantong. Inilah alasan tepat, berkeliling mencicipi nikmatnya kuliner Solo klasik. Lalu, apa saja deretan kuliner khas Solo yang terkenal dengan kelezatannya ini? Berikut rangkuman dari iNews.id, Rabu (8/11/2017).

Soto Gading

Soto Gading berada di pusat kota, alun-alun Selatan Keraton Solo. Soto ini menjadi langanan pejabat tinggi dan beberapa orang terkenal di Indonesia. Salah satunya Presiden Jokowi. Soto gading adalah kuliner tradisional kuah bening dengan isi suwir ayam. Semakin istimewa, karena ada lauk tambahan sebagai pendamping, seperti telur puyuh, sate uritan, perkedel kentang, tempe goreng dan banyak lagi.

Timlo Sastro

Timlo tidak berbeda jauh dengan soto. Menu ini menjadi andalan kuliner Solo. Kuahnya bening dan segar dengan isian lengkap sosis Solo, telur pindang dan jeroan ayam iris. Warung Timlo Sastro berlokasi di Pasar Gede. Ingin sarapan dengan timlo, Anda harus datang pagi hari. Karena hanya dibuka pukul 06.00-07.00 WIB.

Surabi Notosuman

Kelezatan Surabi Notosuman berbeda dengan surabi lainnya. Surabi ini dipanggang secara tradisional menggunakan tungku. Mungkin itu yang membedakan cita rasa khas Surabi Notosuman. Rasanya pun hanya ada dua, yaitu original dan cokelat. Warung Surabi Notosuman merupakan salah satu wisata kuliner Solo legendaris. Warung ini sudah buka sejak 1923 dan masih bertahan hingga kini.

Selat Solo Mbak Lies

Belum lengkap rasanya bertandang ke Solo tanpa menikmati Selat Solo. Kuliner khas ini sangat sehat, karena isinya terdiri dari sayuran segar. Selat Solo berisi wortel, daun selada, buncis, acar bawang, acar timun, potongan daging sapi, kentang goreng dan telur rebus. Salah satu Selat Solo paling legendaris adalah Selat Solo Mbak Lies yang berada di Gang II Serengan. Meski cukup sulit menemukannya, Anda tak akan dibuat kecewa setelah mencicipi kuliner racikan Mbak Lies ini.

Sate Buntel Mbok Galak

Di warung Mbok Galak, tak hanya sate kambing yang terkenal enak. Sate buntelnya wajib dicoba karena sangat lezat. Warung Mbok Galak lokasinya berada di Jalan Ki Mangun Sarkoro Nomor 122 Kota Solo. Harganya sedikit lebih mahal, tapi rasanya tidak bisa dibohongi.

Cambuk Rambak Solo

Kuliner tradisional yang satu ini sudah jarang ditemui di Solo. Penjual cambuk rambak, hanya ada di Stadiun Manahan. Cabuk Rambak adalah makanan sederhana berisikan ketupat yang diiris tipis dan diberi siraman bumbu wijen kental berwarna cokelat. Di atasnya, ditambahkan karak atau kerupuk gendar. Untuk menyantap menu ini, usahakan tidak datang siang. Karena, kios ini sudah tutup pukul 11.00 WIB.

Editor : Vien Dimyati