Cara Membuat Klepon Enak dan Lembut, Isiannya Lumer di Mulut

Siska Permata Sari ยท Jumat, 17 September 2021 - 11:35:00 WIB
Cara Membuat Klepon Enak dan Lembut, Isiannya Lumer di Mulut
Cara membuat klepon lembut dan enak (Foto: Instagram@aniktriwina)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara membuat klepon yang enak dan lezat. Apalagi klepon yang dibuat memiliki tekstur lembut dan isiannya lumer di mulut.

Namun, Anda perlu kesabaran, ketelatenan dalam membuat sajian kue tradisional ini. Sebab, cara membuat klepon ini membutuhkan teknik tertentu. Seperti kita ketahui, klepon atau kue klepon merupakan jajanan pasar tradisional Indonesia.

Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah. Keunikan dari klepon adalah bentuk dan warnanya yang menggemaskan. Selain berbentuk bulat-bulat, klepon juga berwarna hijau cerah dan ditaburi dengan parutan kelapa.

Untuk rasa, klepon memiliki cita rasa yang gurih dari kelapa dan manis legit saat digigit. Isian gula merahnya meleleh di mulut. Nah, sebelum mengetahui cara membuat klepon, Anda perlu tahu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan.

Bahan-bahan yang diperlukan, yakni tepung ketan, tepung beras, air secukupnya, perisa pandan, gula merah, dan kelapa parut yang sudah dikukus. Kemudian, masuk ke cara pembuatannya.

Cara membuat klepon, pertama adalah uleni adonan tepung ketan, tepung beras, air dan perisa pandan. Lalu, aduk rata adonan tersebut dan bentuk bulat-bulat dengan ukuran yang sama. 

Cara membuat klepon selanjutnya yakni, mengisi bagian tengah adonan klepon tadi dengan gula merah. Jika sudah, rebus adonan hingga mengambang. Tiriskan, lalu sajikan di atas piring. Terakhir, tambahkan taburan kelapa parut. 

Penasaran seperti apa sih cara membuat klepon dan resepnya? Berikut cara membuat klepon dan resepnya, seperti dirangkum pada Jumat (17/9/2021).

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel: