Cegah Kolesterol Usai Menyantap Daging Kurban, Ini Tipsnya

Okezone.com ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 23:15 WIB
Cegah Kolesterol Usai Menyantap Daging Kurban, Ini Tipsnya

Cegah kolesterol usai menyantap menu Idul Adha (Foto : Healthy)

JAKARTA, iNews.id - Menyantap menu lezat saat Idul Adha memang menyenangkan. Apalagi menu yang disantap adalah daging kurban, baik itu kambing atau sapi.

Menu dari olahan daging memang lezat, tapi Anda harus waspada dengan lonjakan kolesterol.

Kolesterol makin tinggi akibat konsumsi makanan bersantan dan olahan serba daging. Tapi di masa Idul Adha, Anda bisa mengontrol makanan agar kolesterol tetap terjaga.

Ya, pada saat Idul Adha, Anda akan menikmati menu daging rendang, gulai, dan sate sepuasanya. Dengan mengontrol pola makan, Anda tak perlu khawatir dengan lonjakan kolesterol.

Dilansir dari Boldsky, daging adalah makanan yang memiliki tinggi kolestrol dan lemak jenuh, Jika mengonsumsi berlebihan akan menyebabkan Kolesterol tinggi.

Dampak utamanya adalah penyakit kardiovaskular utama, obesitas, stroke kelumpuhan, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

Untuk mencegahnya lonjakan kolesterol saat Idul Adha, Anda dapat melakukan lima tips berikut.

1. Makan kacang

Cara terbaik untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi lebih banyak kacang, secara teratur. Meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Makan camilan kacang seperti almond atau kenari sebelum dan setelah memakan daging.

2. Olahraga 20 menit

Cara cepat menurunkan kolesterol dengan berolahraga. Anda dapat melakukan joging, bersepeda atau senam di dekat rumah. Atau memperkuat otot-otot kaki dengan melakukan latihan seperti squat, lunges, ekstensi kaki, dan lainnya. Melakukan hal ini diketahui mengurangi kadar kolesterol jahat sekitar 19%.

3. Susu

Mengonsumsi susu atau suplemen kalsium dapat menurunkan kadar kolestrol. Kalsium sangat baik mencegah naiknya kolestrol tinggi.

4. Makan ikan

Makan ikan yang rutin membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi, karena ikan kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3 yang dapat bekerja mengatur kolesterol dengan sempurna.

5. Minum jus cranberry

Cranberry adalah buah dari golongan berry yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Meminum sari buah cranberry secara teratur dapat meningkatkan jumlah asam salisilat dalam tubuh dan juga membantu mengurangi kolestrol jahat pada tubuh.

Editor : Vien Dimyati