6 Makanan Khas Batak Populer, Ada Arsik hingga Mie Gomak

Siska Permata Sari · Rabu, 10 Februari 2021 - 13:13:00 WIB
6 Makanan Khas Batak Populer, Ada Arsik hingga Mie Gomak
Mencicipi makanan khas Batak (Foto: Instagram @hilmi_fitriani87)

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Batak sangat beragam. Beberapa makanannya pastinya sudah tidak asing dan akrab di lidah bagi masyarakat Sumatera Utara.

Makanan khas suku Batak menjadi salah satu kebudayaan yang perlu dicatat dan dilestarikan. Pasalnya, selain rasanya yang menggugah lidah, kuliner khas Batak juga memiliki makna dan sejarah di dalamnya.

Penasaran, apa saja makanan khas Batak? Simak informasinya berikut ini, seperti dirangkum pada Rabu (10/2/2021).

1. Arsik

Arsik Ikan Mas sebagai Salah Satu Makanan Khas Batak Terenak
Arsik Ikan Mas sebagai Salah Satu Makanan Khas Batak Terenak

Makanan khas Batak di urutan pertama, ada Arsik. Ini merupakan salah satu masakan khas dari Tapanuli yang populer. Makanan yang satu ini terbuat dari ikan mas dan bumbu kuningnya yang terkenal dan khas rasanya. Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khusus dari wilayah pegunungan Sumatra Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang). Selain bumbu tersebut, bumbu arsik juga ditambahkan lengkuas dan serai.

Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan kemudian dilumuri pada tubuh ikan. Ikan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering. Selain ikan mas, ikan laut seperti kembung dan kakap, dan daging juga dapat dijadikan bahan arsik.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3