Masak Udang Goreng Pakai Yakult, Rasa Gurih Bikin Penasaran

Vien Dimyati ยท Kamis, 24 September 2020 - 10:02 WIB
Masak Udang Goreng Pakai Yakult, Rasa Gurih Bikin Penasaran

Mencicipi udang goreng Yakult (Foto: Instagram @andinskitchen)

JAKARTA, iNews.id - Seafood menjadi salah salah satu hidangan yang digemari banyak orang. Selain cumi dan ikan, udang juga menjadi salah satu jenis seafood yang banyak diolah menjadi masakan lezat.

Biasanya, udang dimasak goreng tepung, saus Padang, saus tiram, dan lainnya. Masing-masing rasa memiliki kelezatan berbeda. Kali ini Anda bisa berkreasi membuat udang goreng dengan tambahan minuman susu fermentasi dan juga mayones.

"Pagi teman-teman, aku bikin udang goreng yakult dan aku gak diendorse sama sekali ya makannya aku gak mention yakult. Aku kreasi aja dan menu ini rekomen sekali. Teman-teman yang penasaran mau coba boleeh. Karena ternyata yakult kalau dimasak dengan mayo rasanya enak. Penasaran? Yuk coba buat! #andinskitchen_udang," tulis Instagram @andinskitchen, dikutip Kamis (24/9/2020).

Perpaduan udang goreng dengan Yakult dan mayones membuat masakan ini menjadi gurih. Siapa saja akan ketagihan mencicipi.

Anda hanya membutuhkan beberapa bahan-bahan seperti udang, bawang putih, bawang bombai, telur, bumbu marinasi, dan lainnya. Semua bahan dan bumbu mudah didapat.

Penasaran dengan rasa udang goreng Yakult yang gurih? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @andinskitchen, Kamis (24/9/2020).

Bahan utama:

1 kg udang ukuran sangat besar (dikupas jadi sisa 600 gram)
5 siung bawang putih (cincang, untuk menumis)
1/2 siung bawang bombai (cincang, untuk menumis)
Secukupnya margarin untuk menumis
Secukupnya kaldu bubuk
Secukupnya lada bubuk
Secukupnya garam

Bahan Marinasi (campur kocok jadi satu):

2 butir telur
2 sdm kecap asin
2 sdt kaldu bubuk (royco)
1 sdm minyak wijen
Secukupnya lada bubuk
6 siung bawang putih (cincang halus)

Bahan campuran tepung (jangan digarami lagi):

16 sdm tepung terigu segitiga
12 sdm tepung sagu tani

Bahan saus:

3 botol yakult
6,5 sdm mayones kwepie
1 sdt kental manis
1 sdt minyak wijen

Toping: Daun bawang iris, wijen tabur

Cara Membuat:

1. Rendam udang pada bahan marinasi selama 1 jam di dalam kulkas.
2. Panaskan minyak penuh dengan api sedang, tiriskan udang lalu gulingkan ke bahan campuran tepung, remas-remas sampai merata. Langsung masukkan udang satu per satu ke minyak yang panas. Goreng hingga kering renyah, tiriskan. (Jangan menggoreng terlalu penuh udangnya, nanti tidak kering). Sisihkan.
3. Panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum dan matang. Masukkan bahan saus, beri kaldu bubuk, garam, dan lada bubuk sesuai selera. Masak hingga mendidih dan mengental. Koreksi rasa lalu masukkan udang goreng. Aduk rata, sajikan dengan bahan toping.

Editor : Vien Dimyati