Mengenal Manfaat Ikan Sarden untuk Kesehatan, Lezat Dibuat Martabak Telur

Vien Dimyati ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 19:42 WIB
Mengenal Manfaat Ikan Sarden untuk Kesehatan, Lezat Dibuat Martabak Telur

Lezatnya mastabak telur sarden (Foto : Instagram@wilyman_kitchen)

JAKARTA, iNews.id - Makanan yang satu ini terbilang sangat mudah ditemukan di berbagai supermarket. Ikan sarden biasa disajikan dalam kemasan kaleng.

Selain memiliki rasa yang lezat saat dijadikan masakan, ikan sarden juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaat ikan sarden bagi kesehatan?

Cegah Penyakit Jantung

Sarden adalah satu satu sumber makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang terbaik. Asam lemak omega-3 mampu menyediakan berbagai manfaat penting bagi tubuh, di antaranya mampu mencegah penyakit jantung.

Ikan sarden memiliki sifat antiradang, mengurangi risiko pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, serta telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak sehat dalam tubuh. Itu sebabnya ikan sarden dipercaya sebagai salah satu makanan penting untuk memperbaiki sistem jantung.

Sumber Vitamin dan Mineral

Manfaat ikan sarden lainnya yang tak kalah penting bagi tubuh yakni kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Jenis ikan ini memasok banyak vitamin B12 maupun vitamin D. Vitamin B12 berguna untuk menjaga fungsi saraf, merawat otak, bahkan membantu pembentukan sel dalam darah.

Maka dari itu, tubuh akan mengalami berbagai gangguan kesehatan jika kandungan vitamin ini tidak tercukupi dengan baik, seperti kerusakan saraf, gangguan fungsi mental, sel kekurangan oksigen, serta kelelahan kronis. Sementara vitamin D memiliki peran penting dalam menjaga kekuatan tulang Anda sehingga akan menurunkan kemungkinan terserang osteoporosis.

Menjaga Berat Badan

Ikan sarden dapat menjaga berat badan. Ikan sarden kaya akan protein dan lemak sehat. Kandungan yang ada di dalam ikan sarden ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain memiliki banyak manfaat kesehatan, ikan sarden juga dapat dijadikan masakan lezat. Salah satunya martabak telur sarden.

Untuk membuatnya sangat mudah, Anda hanya membutuhkan bumbu-bumbu sederhana. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat martabak telur sarden? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @wilyman_kitchen, Kamis (18/6/2020).

Bahan:

8 telur ayam
1 kaleng sarden
10 cabai merah diiris halus
1 bawang bombai
10 siung bawang putih, cincang halus
5 batang daun pre, iris halus
Gula pasir
Merica
Garam

Cara Membuat :

1. Tuang sarden dalam telur, kocok hingga sarden agak sedikit hancur.
2. Beri rasa dengan garam, gula dan merica.
3. Tumis bawang bombai, bawang putih hingga harum.
4. Masukkan cabai merah iris dan daun pre. Setelah harum tuangkan telur sarden tadi hingga rata.
5. Masak 2 sisi martabak telurnya hingga matang.
6. Martabak telur sarden bakal jadi menu baru favorit keluarga.

Editor : Vien Dimyati