3 Resep Kue Cucur Legit dan Lembut, Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat

Vien Dimyati ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 15:37 WIB
3 Resep Kue Cucur Legit dan Lembut, Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat

Legitnya kue cucur (Foto : Instagram @fridajoincoffee)

JAKARTA, iNews.id - Resep Kue Cucur, Jajanan pasar ini termasuk salah satu kue basah yang banyak digemari masyarakat. Anda bisa menemukan kue cucur sebagai jajanan di pasar.

Kue cucur terbuat dari tepung beras, gula merah, pandan, dan lainnya. Bahan untuk membuat kue cucur ini memang sangat sederhana. Meski sederhana, kue cucur memiliki rasa manis dan legit.

Kue cucur bisa disantap kapan saja. Apalagi dalam keadaan hangat. Rasanya makin legit. Kue cucur memiliki bentuk bundar dengan bagian tengah lembut dan pinggirannya renyah.

Kali ini, jika tertarik membuat kue cucur, Anda bisa membuat di rumah. Ada banyak resep kue cucur yang bisa Anda kreasikan. Bahkan, Anda bisa membuat kue cucur dengan berbagai macam toping dan rasa.

Ingin tahu resep kue cucur lezat dan legit? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui berbagai Instagram, Kamis (18/6/2020).

Resep Kue Cucur Pandan

Bahan:
150 gr tepung beras
50 gr tepung segitiga
150 gr gula pasir
Vanili/air pandan/frambosan (sesuai selera)
Garam sedikit

Cara Membuat:
1. Aduk semua bahan, diaduk sampai rata tidak bergerindil. Airnya sesuaikan selera hingga tingkat kekentalan yang disukai.
2. Diamkan minimal satu jam. Kemudian, adonan ditepok-tepok agar serat keluar.
3. Masak dengan api kecil di penggorengan cekung.

Resep Kue Cucur Gula Merah

Bahan :
250 gr gula merah
450 ml air
200 gr tepung terigu
100 gr tepung beras
1/4 sdt garam
3 lembar daun pandan

Cara Membuat :
1. Masak gula merah, daun pandan dan air sampai mendidih dan gula larut, biarkan hangat.
2. Campur tepung terigu dan tepung beras sampai rata, tambahkan garam. Aduk rata.
3. Tuang air gula ke dalam campuran tepung terigu, sambil diaduk perlahan hingga adonan halus (bisa pakai whisk atau mixer dengan kecepatan tinggi 2-3 menit).
4. Diamkan 2 jam suhu ruang.
5. Tuang satu sendok adonan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, biarkan sampai seratnya keluar. Lalu siram-siram bagian atasnya dengan minyak yang ada di penggorengan. Angkat, dan dinginkan.

Tips :
1. Goreng kue cucur dengan minyak sedikit, klo minyak banyak pasti tidak akan berserat.
2. Kue cucur tidak usah dibalik.
3. Tambahkan minyak secukupnya tiap 3 kali goreng adonan.
4. Tuang adonan di penggorengan dan biarkan sampai keluar serat-seratnya, tusuk-tusuk bagian tengah dengan lidi biar matang dan membentuk bulatan.
5. Setelah matang, kue cucur taruh di tissu dapur yang menyerap minyak dengan posisi miring.
6. Gunakan penggorengan cekung.

Resep Kue Cucur Keju

Bahan:
250 gr tepung terigu
1 bungkus vanillie bubuk
1/4 kg gula merah
1/2 sendok teh garam
15 sendok makan gula pasir (bisa ditambahkan bagi yang suka manis)
2 lembar daun pandan
350 cc air putih (kurang lebih 3-4 gelas)
1/4 minyak sayur
5 sendok makan mentega

Toping (sesuai selera):
2 sachet kental manis
1 kotak keju (kraft cheddar)

Cara Membuat:
1. Larutkan air, gula merah (yang sudah disisir halus), pandan, bubuk vanili, gula pasir, dan garam dengan api sedang hingga semua gula larut dan air mendidih. Setelah mendidih matikan dan tunggu sampai larutan hangat kuku lalu saring.
2. Setelah larutan disaring, mulai tuang terigu ke dalam wadah dan tuangkan larutan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk (lakukan sampai adonan menyatu rata dan disarankan agar tidak terlalu kental agar tidak keras setelah digoreng).
3. Setelah adonan rata, tutup adonan dengan menggunakan plastik dan diamkan kurang lebih 1-2 jam. Setelah di diamkan, adonan siap di goreng.
4. Siapkan wadah penggorengan bulat dan panaskan minyak yang sudah dicampurkan mentega cair kurang lebih 1 centong sayur minyak disetiap kali akan menuangkan adonan (api kecil saja).
5. Setelah minyak panas, tuangkan adonan satu centong sayur. Sambil menunggu matang siram sirami dengan minyak bagian tengah dari adonan menggunakan minyak dari sisi pinggir adonan. Lakukan sampai satu sisi bagian adonan muncul gelembung yang menandakan adonan sudah mulai matang. Ulangi bagian ini sampai adonan habis.
6. Untuk toping, setelah adonan tersusun (sesuai selera) taburkan dengan parutan keju, lalu tuangkan kental manis pada bagian atas dari kue cucur dan parutan keju. Bagi yang tidak menyukai keju, kue cucur sudah nikmat untuk dinikmati tanpa toping, atau toping dapat diganti sesuai dengan keinginan.

Editor : Vien Dimyati