Minuman Sehat untuk Kuatkan Tubuh, Wedang Kunir Asem Hanya Terbuat dari Kunyit

Vien Dimyati ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 14:15 WIB
Minuman Sehat untuk Kuatkan Tubuh, Wedang Kunir Asem Hanya Terbuat dari Kunyit

Mencicipi Wedang Kunir Asem (Foto: Instagram@ditharahardja)

JAKARTA, iNews.id - Di masa Pandemi Covid-19, minuman wedang kunir asem penting untuk menguatkan tubuh. Jika selama ini Anda sudah mengonsumsi sayuran dan buah, Anda juga harus memperkuat tubuh dengan minuman sehat berupa herbal.

Salah satu minuman sehat itu adalah wedang kunir asem. Minuman tradisional warisan leluhur ini dipercayai memiliki khasiat untuk menguatkan tubuh hingga meningkatkan imunitas.

Apalagi dalam minuman sehat ini terbuat dari kunyit. Kemudian ditambah dengan asem Jawa, gula aren, dan gula pasir.

"Minuman Tradisional Indonesia banget yang jangan sampai ditinggalkan karena khasiatnya. Aku sendiri suka banget apalagi kalau dingin. Dulu zaman single suka dibuatin ibu. Sekarang resepnya dibuat sendiri dan tentunya lebih fresh ya moms. Gpplah tangan kuning. Masih antusias ikutan ga," tulis Instagram @ditharahardja.

Perlu diketahui, kunyit mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh. Salah satu antioksidan yang memiliki manfaat dalam kunyit adalah curcumin. Zat ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Curcumin juga bertindak sebagai modulator imun, yang akan membantu mengatur fungsi sel kekebalan tubuh melawan kanker. Tidak hanya itu, zat lipopolysaccharide dalam kunyit terkenal juga akan sifat antibakteri dan antivirus.

Tertarik membuat minuman sehat yang terbuat dari kunyit? Berikut ulasan resep membuat wedang kunir asem, dikutip melalui Instagram @ditharahardja, Jumat (16/10/2020).

Bahan:

4 ruas kunyit segar
1 sendok penuh asam Jawa
1/2 butir gula aren
3 sdm gula pasir
700 ml air

Cara Membuat:

1. Kupas dan cuci bersih kunyit.
2. Blender kunyit dengan air sesuai di atas.
3. Untuk asam Jawa direndam air di dalam gelas kecil.
4. Saring sambil diperas dengan tangan hasil blenderan kunyit ke dalam panci dan didihkan. Setelah mendidih, masukan gula aren dan gula pasir beserta asam Jawa. Aduk-aduk sampai matang. Angkat dan saring kembali.
5. Setelah dingin, bisa dimasukkan di botol, simpan di kulkas atau bisa langsung dinikmati. Selamat Mencoba.

Editor : Vien Dimyati