Pakcoy Siram Ayam Cincang, Pilihan Menu Sehat saat PSBB

Vien Dimyati ยท Selasa, 15 September 2020 - 14:13 WIB
Pakcoy Siram Ayam Cincang, Pilihan Menu Sehat saat PSBB

Mencicipi pakcoy siram ayam cincang (Foto: Instagram @yoanitasavit)

JAKARTA, iNews.id - Memilih menu makanan sehat selama masa pandemi Covid-19 menjadi pilihan tepat. Apalagi saat ini Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tentunya Anda sudah harus menyiapkan berbagai macam makanan sehat berupa sayuran dan buah-buahan. Salah satu makanan sehat yang bisa dimasak di rumah saat PSBB adalah pakcoy Siram ayam cincang.

Pakcoy merupakan salah satu sayuran hijau yang mirip dengan sawi. Sayuran ini sangat lezat dijadikan tumisan. Selain lezat, pakcoy juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Sayuran hijau ini memiliki banyak nutrisi baik dan rendah kalori. Pakcoy juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan, sehingga bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Pakcoy mengandung selenium, yang bisa membersihkan tubuh dari komponen penyebab kanker. Selain itu, selenium juga bisa mencegah peradangan. Di tengah masa Pandemi Covid-19, pakcoy bermanfaat sebagai sistem imunitas tubuh. Kandungan selenium yang dimiliki pakcoy, bisa meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

Jadi, jangan lewatkan memasukkan pakcoy sebagai menu sehari-hari di rumah. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat pakcoy siram ayam cincang? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @yoanitasavit, Selasa (15/9/2020).

Bahan :

5 baby pakcoy
200 gr ayam, cincang
1/2 bawang bombai, cincang
3 siung bawang putih, cincang

Bahan Saus :

2 sdm kecap manis
1 sdm saus sambal
1,5 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
250 ml air
1 sdm maizena larutkan dengan 2 sdm air
1/2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat :

1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukan ayam. Aduk hingga ayam berubah warna.
2. Masukan semua bahan saus kecuali larutan maizena. Masak hingga mendidih dan meresap, koreksi rasa. Kentalkan dengan larutan maizena.
3. Didihkan air, rebus pakcoy 1-2 menit. Angkat tiriskan. Tata di piring saji lalu siram dengan ayam cincang.

Editor : Vien Dimyati