Sarapan Gurih dengan Telur Crepes Isi Bayam dan Daging

Vien Dimyati ยท Selasa, 24 April 2018 - 06:00 WIB
Sarapan Gurih dengan Telur Crepes Isi Bayam dan Daging

Telur crepes (Foto: Tasty)

JAKARTA, iNews.id - Telur kerap menjadi makanan yang dihidangkan pada pagi hari. Biasanya, telur yang dijadikan menu sarapan adalah omlet atau digoreng.

Namun, jika Anda bosan membuat telur omelet atau goreng, tidak ada salahnya membuat menu yang berbeda dari biasanya, yaitu telur crepes. Telur ini menjadi spesial, sebab dibuat dengan crepes yang di dalamnya telah diisi dengan daging iris dan bayam. Selain sehat karena memakai sayuran hijau bayam, menu sarapan ini juga gurih karena dimasak dengan crepes dan dipanggang.

Ingin tahu resep dan cara membuatnya? Berikut ulasan iNews.id, seperti dikutip melalui Tasty, Selasa (24/4/2018).

Bahan untuk empat porsi

1 cangkir (125 g) tepung terigu
3 telur
1 ½ gelas (360 mL) susu
1 cubit garam
1 sendok makan mentega
½ bawang, diiris
2 siung bawang putih, cincang
1 cangkir (40 g) bayam
4 potong keju mozarella, atau keju swiss
8 irisan daging
4 telur goreng

Cara membuat

Panaskan oven hingga 350°F (180°C). Dalam mangkuk, campur tepung, telur, ½ cangkir (120 ml) susu, dan garam, hingga halus. Tambahkan sisa susu dan aduk lagi hingga adonan menjadi tipis dan halus. Teflon panci antilengket di atas api sedang. Tambahkan mentega dan bawang ke dalam teflon. Masak sampai kecoklatan. Tambahkan bawang putih, bayam, garam, dan aduk sampai bayam layu. Angkat campuran bayam dan bersihkan teflon.

Kembalikan teflon ke api sedang dan tambahkan ¼-½ cangkir adonan ke dalam teflon. Tuang adonan crepes sampai melapisi loyang dan biarkan di atas api sampai sisi-sisinya mulai terangkat dari panci. Menggunakan spatula balik crepes dan masak kembali sekitar dua menit. Ulangi dengan sisa adonan lainnya. Letakkan crepes di atas loyang.

Tempatkan satu potong keju di tengah crepes. Lapisi keju dengan irisan daging dan campuran bayam. Taburi dengan telur dan lipat ujungnya di atas telur, tekan ke bawah untuk memastikan sisinya tetap di tempatnya. Ulangi dengan crepes lainnya. Panggang crepes selama lima menit atau sampai kuning telur matang sesuai selera. Nikmati.

Editor : Vien Dimyati