5 Teknik Menggoreng yang Bisa Bikin Makanan Lezat

Siska Permata Sari · Rabu, 16 Juni 2021 - 11:01:00 WIB
5 Teknik Menggoreng yang Bisa Bikin Makanan Lezat
Mengenal teknik menggoreng (Foto: Cookist)

JAKARTA, iNews.id - Teknik menggoreng merupakan salah satu metode paling populer dan umum dalam memasak makanan. Teknik memasak dengan metode ini simpel dan digunakan banyak orang karena sifatnya umum. Tetapi teknik ini dinilai kurang baik untuk kesehatan dibandingkan dengan teknik merebus, menumis, hingga memanggang.

Teknik menggoreng, seperti yang kita tahu, adalah cara memasak dengan menggunakan minyak, atau lemak seperti margarin, shortening, dan mentega sebagai medium penghantar panas. 

Makanan-makanan yang biasa dimasak dengan metode ini sangat banyak dan beragam. Mulai dari tempe, tahu, makanan laut, daging ayam, telur, kerupuk, nasi, dan masih banyak lagi makanan-makanan lezat yang dimasak dengan metode menggoreng.

Teknik menggoreng memberikan sejumlah manfaat terhadap makanan yang dimasak. Di antaranya saja membuat makanan lebih cepat matang, mudah dilakukan, makanan memiliki aroma dan rasa yang unik, hingga dapat membunuh mikroorganisme di makanan tersebut.

Namun, di lain sisi, teknik menggoreng juga mempunyai banyak kekurangan. Salah satunya dari sisi kesehatan. Misalnya saja bisa meningkatkan risiko penyakit tak menular seperti obesitas, diabetes, dan jantung. Selain itu, teknik menggoreng juga berisiko menghasilkan toksik dan karsinogenik yang dapat memicu kanker.

Oleh karena itu, teknik menggoreng sebaiknya tidak sering dilakukan atau bahkan setiap hari menggunakan teknik ini. Hal yang penting untuk menggunakan metode ini adalah mengetahui teknik tepat agar dampak buruknya bisa berkurang dan makanan yang disajikan lebih lezat.

Berikut 5 teknik menggoreng makanan agar lebih lezat, dirangkum pada Rabu (16/6/2021).

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3