5 Teknik Merebus yang Bikin Makanan Lezat dan Sehat

Siska Permata Sari ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 13:55:00 WIB
5 Teknik Merebus yang Bikin Makanan Lezat dan Sehat
Memasak dengan teknik merebus (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Teknik merebus adalah metode memasak makanan dengan memanaskan air atau kaldu sampai mendidih. Setelah mendidih, Anda bisa memasukkan makanan ke dalam air hingga matang merata. 

Biasanya, teknik merebus ini digunakan untuk memasak telur, sayur-sayuran, pasta, hingga nasi pun menggunakan teknik ini. Teknik merebus tersebut tak hanya simpel, tetapi juga memberikan manfaat yang baik terhadap makanan. 

Beberapa manfaat yang didapatkan dari teknik merebus adalah lebih cepat dari segi waktu dan lebih simpel. Kemudian makanan yang direbus biasanya akan mempertahankan rasa alaminya, tanpa penambahan lemak seperti teknik menggoreng dan menumis dengan minyak. 

Secara nutrisinya, merebus adalah cara terbaik untuk membuat kaldu daging dan sayuran lezat dan bergizi tinggi. Banyak vitamin yang larut dalam air dapat larut ke dalam cairan memasak selama proses perebusan. Jika Anda membuang cairan mendidih, Anda mungkin juga membuang banyak nutrisi. 

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menyajikan cairan masakan sebagai bagian dari hidangan untuk menjaga nilai gizi masakan Anda. Selain itu, merebus adalah cara yang ideal untuk memasak sayuran hijau sambil mempertahankan nilai gizinya, selama proses memasak dilakukan seminimal mungkin. 

Teknik merebus juga cara yang bagus untuk memasak potongan berbagai daging dan unggas yang keras. Berikut 5 teknik merebus makanan agar lezat dan sehat, dirangkum pada Kamis (10/6/2021).

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3