Tips Membuat Cilok Bandung Gurih dan Kenyal, Ini Resepnya agar Tidak Alot

Vien Dimyati ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 10:35 WIB
Tips Membuat Cilok Bandung Gurih dan Kenyal, Ini Resepnya agar  Tidak Alot

Membuat cilok gurih (Foto : Instagram@andinskitchen)

JAKARTA, iNews.id - Jajanan yang populer di Bandung ini memiliki banyak pengemar. Cilok berbentuk bulat mirip bakso dan teksturnya kenyal dan lembut. Biasanya, cilok dimakan dengan sambal kacang.

Kali ini jika tertarik mencicipi cilok, Anda bisa membuat di rumah. Anda bisa berkreasi membuat cilok isi. Cara pembuatannya juga tidak sulit.

Cilok terbuat dari tepung tapioka, terigu, bawang putih, dan lainnya. Untuk isian, Anda bisa berkreasi dengan daging.

Untuk mendapatkan tekstur cilok yang kenyal dan lembut, Anda harus memerhatikan cara penyimpanannya. Tujuannya agar cilok tidak alot.

"Aku bikin cilok lagi dengan resep dasar cilok @ummikoki dan sudah aku modiv ya isiannya pakai tumisan daging giling. Cilok ini anti alot dan anti kelembekkan. Cara aku simpannya abis direbus gak aku tiriskan. Aku tetep rendam gitu saja dengan air secukupnya sampai sore cilok itu habis jadi gak perlu manasin lagi. Cilok gak kering dan gak alot jadinya," tulis Instagram @andinskitchen, Jumat (26/6/2020).

Untuk sambal cilok, Anda juga bisa berkreasi dengan bumbu siomay. Bumbu siomay juga bisa Anda tambahkan ubi jika ingin mendapatkan tekstur kental. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat cilok isi daging? Berikut ulasannya dikutip dari Instagram @andinskitchen.

Bahan:

150 gr tepung segitiga
150 gr sagu tani
Secukupnya irisan daun bawang
2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
4 siung kecil bawang putih, haluskan
Secukupnya air mendidih

Isian :

200 gram daging giling
4 siung bawang putih, cincang halus
Secukupnya garam, gula, dan kaldu bubuk
Secukupnya lada bubuk

Pelengkap :

Saus sambal
Bawang goreng
Kecap
Bumbu kacang

Cara Membuat Isian:

1. Tumis bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan daging giling lalu aduk rata sampai berubah warna. Beri garam, gula, dan kaldu bubuk. Beri juga lada kalau suka. Aduk rata sampai kering lalu koreksi rasa. Matikan api, sisihkan.

Cara Membuat Cilok:

1. Pada baskom, campur semua bahan cilok kecuali air mendidih. Aduk rata lalu sisihkan.
2. Didihkan air secukupnya. Tuang air ke baskom adonan cilok secara bertahap. Sedikit-sedikit sambil diulen perlahan dan hentikan bila sudah kalis bisa dibentuk. 3. Bagi adonan masing-masing 15 gram. Pipihkan, masukkan isian daging secukupnya, bulatkan, rapatkan. Lakukan sampai habis.
4. Didihkan kembali air lalu masukkan cilok, rebus sampai mengapung dan matang. Selesai, sajikan cilok dgn pelengkap.

Editor : Vien Dimyati