Tips Membuat Mi Ayam Lezat dan Gurih, Rahasianya dari Minyak hingga Kuah

Sindonews.com ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 20:35 WIB
Tips Membuat Mi Ayam Lezat dan Gurih, Rahasianya dari Minyak hingga Kuah

Membuat mie ayam (Foto : Instagram@resep.dapur.bersama)

JAKARTA, iNews.id - Jajanan gerobak yang satu ini memiliki banyak penggemar. Mi ayam merupakan makanan berupa mi berjuah yang diberi toping ayam kecap.

Di balik harganya yang cukup terjangkau, rasa mi ayam ini sangat membekas dan banyak yang menjadikannya sebagai makanan favorit.

Hal ini lantaran setiap penjual mempunyai bumbu rahasia sendiri untuk membuat mi ayam miliknya yang lezat. Pada dasarnya, membuat mi ayam sendiri tidak terlalu sulit, asalkan tahu bahan-bahan dasar untuk membuat mi ayam.

Selain itu, bahan dasar membuat mi ayam ala abang-abang juga tidak terlalu banyak. Bahan yang dibutuhkan cukup minyak ayam, kecap asin, ayam dan juga mi.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mi ayam sendiri sebagaimana mengutip dari Endeus TV.

1. Minyak dari Ayam dan Bawang

Salah satu kunci kelezatan mi ayam terletak pada penggunaan minyak ayam dan bawang. Minyak ini terbuat dari lemak dan kulit ayam yang dipotong-potong, kemudian dilelehkan hingga menjadi minyak.

Jika sudah menjadi minyak, masukkan bawang putih yang sudah dicincang dan goreng hingga kecoklatan dan krispi. Penjual mi ayam biasanya melelehkan lemak dalam jumlah banyak, kemudian disimpan dalam botol agar lebih mudah diracik dengan bahan lainnya. Agar aroma mi ayam lebih harum lagi, campur minyak ayam bawang dengan minyak wijen.

2. Kecap Asin

Sebagai penambah rasa pada mi ayam, penjual biasanya menambahkan kecap asin. Ada banyak merek kecap asin yang biasa digunakan. Selain memberi rasa gurih, kecap asin juga memberikan warna kecokelatan pada mi.

Kecap asin biasanya dituang secukupnya ke dalam mangkuk, kemudian ditambahkan dengan minyak ayam dan diberi sedikit merica. Setelah diaduk rata, mi yang sudah matang dimasukkan ke dalam mangkuk.

3. Pemilihan Mi

Banyak penjual yang membuat mi ayam sendiri sehingga rasa mi menjadi berbeda dengan mi kebanyakan. Anda juga bisa membuat mi sendiri agar rasanya lebih lezat.

Jika tidak sempat membuat mi sendiri, bisa membeli mi dari produsen yang khusus membuat mi ayam. Biasanya mi yang digunakan adalah mi basah dan tidak menggunakan mi kering.

4. Ayam dan Variasi Lain

Ayam dan bahan-bahan pelengkap lainnya membuat rasa mi ayam semakin lezat. Anda bisa membuat variasi toping dengan menambahkan jamur, ceker ayam, pangsit dan juga saus tiram. Ketika membuat toping ayam, Anda bisa membuat toping yang sedikit berkuah agar bisa ditambahkan pada mi ayam.

5. Kuah

Mi ayam tidak lengkap tanpa kuah. Anda bisa menggunakan kuah bakso sebagai kuah mi ayam atau membuat kuah sendiri dari tulang ayam atau sapi. Kuah yang segar dan enak akan membuat rasa mi ayam juga semakin lezat.

Editor : Vien Dimyati