Tips Tetap Sehat saat Liburan, Minum Air Putih hingga Siapkan Camilan

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:12:00 WIB
Tips Tetap Sehat saat Liburan, Minum Air Putih hingga Siapkan Camilan
Tetap sehat selama liburan (Foto : budgetdirect )

JAKARTA, iNews.id - Berlibur merupakan salah satu cara untuk merefresh kembali pikiran setelah satu pekan bekerja. Kendati demikian, berlibur juga harus memerhatikan kesehatan, terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Saat liburan, banyak orang yang tak sadar mengonsumsi makanan yang tidak sehat bagi tubuh. Makanan yang tidak sehat dapat membuat tubuh menjadi tidak fit saat melakukan perjalanan.

Lantas, apa saja tips agar selalu sehat selama liburan? Berikut ulasannya dirangkum, Selasa (4/8/2020).

1. Perbanyak air putih

Air putih bisa mencegah dehidrasi ketika lelah mengunjungi tempat wisata saat liburan. Apalagi saat liburan di cuaca yang panas saat ini. Perjalanan yang lama terkadang membuat sakit kepala.

Minumlah air putih yang cukup setiap hari dan hindari mengonsumsi minuman berkafein saat liburan agar otot tidak cepat menegang.

2. Bawa makanan ringan yang sehat

Membawa makanan ringan atau camilan yang sehat dari rumah sangat efektif ketimbang membeli makanan di lokasi wisata. Selain lebih hemat pengeluaran, tentu lebih sehat.

Pilihlah makanan ringan yang sehat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak sakit saat melakukan liburan. Bawalah makanan yang bertahan lama dan bergizi seperti buah-buahan.

3. Makan di restoran yang sehat

Jika kebetulan tidak membawa bekal untuk perjalanan liburan, carilah restoran yang menyediakan makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh saat berlibur. Jika sempat, sebaiknya kunjungi tempat makan yang menyediakan makanan khas daerah tersebut.

4. Rencanakan dengan matang

Agar terhindar dari stres saat melakukan liburan, cobalah untuk merencanakan sebanyak mungkin hal yang ingin dilakukan saat liburan.

Hal ini bisa mengatur rencana tempat yang ingin dikunjungi, hotel untuk menginap, makanan yang ingin dikonsumsi dan tak kalah penting siapkan uang untuk liburan.

Editor : Vien Dimyati