Cerita Skin Game Sukses Rintis Bisnis di Industri Kecantikan Indonesia bersama Shopee

Anindita Trinoviana
Cerita Skin Game rintis bisnis. (Foto: dok Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kehadiran e-commerce dengan pertumbuhannya yang pesat semakin membuka peluang bagi untuk pengembangan bisnis para pelaku UMKM dan brand lokal, termasuk industri kecantikan. Salah satunya dirasakan oleh brand lokal kecantikan, Skin Game yang telah hadir sejak 2020. 

Mengawali bisnis pada 2020, bukanlah hal mudah bagi Michella Ham (28), Founder Skin Game. Di usianya yang terhitung muda, Michella memberanikan diri melangkah dan membangun bisnis dengan menggunakan modalnya sendiri.

Michella Ham menceritakan, dengan keterbatasan ruang gerak di tahun tersebut, pihaknya mencoba mengeksplorasi peluang bisnis yang ada di e-commerce dan terbukti, dapat merasakan dampak signifikan setelah berjualan melalui Shopee.

"Dapat dikatakan Shopee menjadi platform e-commerce pertama, dimana Skin Game lahir dan memutuskan untuk membuka toko online pertama kami. Sebagai pelaku usaha lokal yang masih merintis, memiliki platform yang dapat diandalkan merupakan hal penting, baik untuk berjualan maupun sebagai pendukung yang dapat memberikan arahan dalam memanfaatkan peluang," ujarnya. 

"Sudah hampir 5 tahun berlalu, kami telah bertumbuh bersama dengan dukungan program serta fitur yang dihadirkan Shopee. Hingga saat ini, Shopee terus menjadi e-commerce dengan kontribusi penjualan terbesar bagi Skin Game. Pada puncak 12.12 kemarin, peningkatan pesanan Skin Game mencapai lebih dari 7 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa,” katanya.

Unjuk Potensi Produk Lokal melalui Rangkaian Koleksi Skin Game

Keberhasilan brand lokal Skin Game tidak didapatkan hanya dalam satu malam. Dengan modal awal yang minim dan dari tabungannya sendiri, Michella berupaya mengalokasikan dananya secara bijaksana. Hal ini dilakukan agar dapat mencakup semua biaya mulai dari marketing, operasional serta produksi.

Saat awal berdiri, berbagai rangkap pekerjaan dari hulu ke hilir dilakukan sendiri. Sampai akhirnya, Skin Game secara perlahan mulai dikenal banyak orang dan menghasilkan keuntungan. Berkat kegigihan Michella, pertumbuhan dalam bisnis Skin Game pun terlihat, mulai dari ekspansi jumlah tim, gudang, kantor serta kantor Skin Game yang sebelumnya berlokasi di rumah, saat ini sudah memiliki ruko kantor milik sendiri.

Editor : Anindita Trinoviana
Artikel Terkait
Bisnis
3 hari lalu

Ritel dan UMKM Bersanding, Aprindo Tegaskan Komitmen Tumbuh Bersama

Bisnis
4 hari lalu

27 Tahun Majukan Negeri, Bank Mandiri Jangkau 60.000 Penerima Manfaat

Bisnis
5 hari lalu

Kolaborasi Ritel dan Teknologi Warnai Pembukaan Road to Hari Ritel Nasional 2025

Bisnis
5 hari lalu

Bank Mandiri Perkuat Komitmen ESG lewat Kinerja Keberlanjutan yang Solid

Bisnis
6 hari lalu

Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Resmikan Dua SPKLU Center Pertama di Jakarta

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal