Komunikasi Jadi Kunci Pelaku Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Dani M Dahwilani
Komunikasi menjadi menjadi kunci penting bagi pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitas di masa pandemi Covid-19. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Komunikasi menjadi menjadi kunci penting bagi pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitas di masa pandemi Covid-19. Di tengah keterbatasan sosial inovasi dalam berkomunikasi perlu dilakukan perusahaan.

Di sini fungsi public relations (PR) memiliki peran penting bagaimana informasi kinerja, aktivitas dan kontribusi perusahaan dalam pembangunan sampai ke masyarakat.

Peran PR atau humas sangat penting dalam menjaga hubungan antara organisasi dengan stakeholder dan masyarakat. Sedikitnya ada tujuh peran humas dalam organisasi atau persuhaaan, yakni strategi komunikasi publik

Mengelola keadaan darurat, sarana marketing yang andal, hubungan media, menjangkau kegiatan, mengelola media sosial, serta mengetahui dan mengevaluasi opini publik.

Sebab itu, The Iconomics memberikan apresiasi kepada insan public relations melalui Iconomics Indonesia PR Person Award 2020. Apresiasi tersebut diberikan kepada individu yang memiliki peran dalam kehumasan di masing-masing instansi. 

Mereka memilih 40 insan PR berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh Iconomics Research. Insan PR yang terpilih berasal dari perusahaan, kementerian, lembaga dan organisasi. 

Salah satu penerima penghargaan adalah Arif Mujahidin, corporate communications director Danone Indonesia. Di samping itu, ada Arya Mahendra Sinulingga dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Fajriyah Usman dari PT Pertamina (Persero), Devy Suradji dari PT Angkasa Pura I (Persero), Yado Yarismano dari PT Angkasa Pura II (Persero) dan lainnya.

“Kriteria penilaian berdasarkan tiga aspek, yakni exposure, influence, dan creativity,” ujar Founder and CEO Iconomics Bram S Putro dalam acara Iconomics Indonesia PR Person Award 2020, baru baru ini.

"Aspek exposure menunjukkan insan PR yang menerima award memiliki keterkenalan (personal brand awareness) di kalangan media maupun publik. Influence didefinisikan insan penerima award memiliki pengaruh dari sisi pembentukan opini dan pemikiran media maupun publik. Dan, creativity merupakan praktisi PR yang terpilih memiliki pendekatan yang dinamis dan kreatif dalam menjalankan komunikasi institusinya," kata Bram.

Apresiasi kepada para praktisi PR alias kehumasan ini harapannya dapat mendorong para insan PR yang lainnya untuk meningkatkan perannya. Harapan lainnya adalah lahirnya praktisi-praktisi PR yang mumpuni serta inovatif dan kreatif.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Nasional
6 hari lalu

Kasus Covid-19 Naik Lagi di Indonesia, Anak-Anak Paling Rentan!

Nasional
13 hari lalu

Banyak Orang Sakit Batuk Pilek Sekarang, Kemenkes Bongkar Data Mengejutkan!

Nasional
25 hari lalu

Sederet Strategi Menkeu Purbaya untuk Tarik Produsen Rokok Ilegal 

Health
26 hari lalu

Kasus Keracunan MBG Bakal Dilaporkan Harian seperti Covid-19

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal