Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, ujar Budi, dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Gedung DPR RI, Selasa (13/12/2022). (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, memprediksi jumlah pergerakan orang selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mencapai 44,17 juta jiwa atau 16 persen dari total penduduk Indonesia. Angka tersebut didapat dari hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Dia juga menyebutkan puncak arus mudik Nataru pertama akan terjadi di 23-24 Desember 2022, sementara puncak arus balik di 25-26 Desember 2022. 

Kemudian, puncak arus mudik kedua diprediksikan terjadi di 30-31 Desember 2022, sementara puncak arus balik pada 1-2 Januari 2023.

Untuk memastikan kelancaran libur Nataru, Kemenhub mengambil kebijakan dan sejumlah langkah, antara lain memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi serta sosialisasi kepada operator angkutan penumpang dan barang.

Inspeksi (rampcheck) kelaikan sarana dan prasarana transportasi, menerapkan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada tol maupun non-tol seperti contra flow, one way, pembatasan angkutan barang, manajemen rest area, sosialisasi kepada masyarakat secara masif, dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan aplikasi PeduliLindungi pada seluruh moda transportasi. 

"Guna memonitor  itu semuanya (pengawasan operasi moda transportasi), kita akan melakukan posko mulai 19 Desember sampai 3 Januari. Nanti sore kita akan adakan rakor," ujar Budi, dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), di Gedung DPR RI, Selasa (13/12/2022).

Budi mengatakan, pemerintah akan menyiapkan angkutan transportasi umum darat, sekitar 57.000 unit bus beserta 111 terminal. Sementara untuk transportasi penyeberangan akan disiapkan 205 unit kapal dengan prasarana 11 unit pelabuhan penyeberangan, 41 dermaga MB, 3 dermaga ponton, dan 16 dermaga plengseng.

Sedangakan pada transportasi kereta api, Menhub mengatakan pemerintah akan menyiapkan 484 kereta api dari 9 Daop. Transportasi laut sebanyak 910 kapal dan 110 pelabuhan laut. Serta pada transportasi udara akan ada 402 pesawat dengan 51 bandara. 

Jumlah alat transportasi yang disediakan pemerintah pada libur Nataru menyesuaikan prediksi dari Bandan Kebijakan Transportasi. 



Editor : Jeanny Aipassa

Artikel Terkait

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network