Perum Bulog Dorong Inovasi dan Kolaborasi Boga untuk Wirausaha Perempuan

Aditya Pratama
Perum Bulog berupaya mendorong pengembangan dan peningkatan usaha kuliner di Indonesia melalui gelaran Indonesia Womenpreneur Conference (IWC) 2024. (Foto: Humas Perum Bulog)

JAKARTA, iNews.id - Perum Bulog mendukung gelaran Indonesia Womenpreneur Conference (IWC) 2024 bertajuk Business Level Up. Hal ini dalam upaya mendorong pengembangan dan peningkatan usaha kuliner di Indonesia.

Menurut data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, 65 persen usaha UMKM didominasi kepemilikannya oleh perempuan dan 54 persen usaha kreatif juga dimiliki oleh perempuan. Namun sayangnya, kebanyakan usaha tersebut masih berskala mikro.

Acara ini menjadi wadah penting bagi para pelaku bisnis perempuan untuk memperkuat potensi bisnis mereka di era modern, terutama untuk mereka yang berfokus khusus pada inovasi produk boga yang sesuai dengan tren pasar konsumen muda. 

Para pemimpin bisnis dan wirausaha perempuan yang ingin mengembangkan strategi inovatif untuk memperkuat usaha di sektor boga, dibekali berbagai strategi agar dapat menjangkau konsumen muda. Sebagai perusahaan rantai pasok pangan terdepan di Indonesia, Perum Bulog berperan aktif dalam mendukung wirausaha kuliner melalui program transformasi dan kolaborasi kreatif.

Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan Perum Bulog, Sonya Mamoriska Harahap menyampaikan bahwa tantangan berwirausaha pada saat ini tidaklah mudah, selain kompetisi yang dihadapi, keadaan ekonomi dan geopolitik dunia, juga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat harus dicermati dan disikapi dengan kreativitas dalam usaha maupun sikap serta karakter wirausaha yang positif. 

Pentingnya inovasi di industri pangan dilakukan untuk bisa menyesuaikan tren konsumen muda yang terus berkembang. 

“Perum Bulog siap berkolaborasi dan bahkan menjadi mitra demi terciptanya ketahanan pangan sekaligus dengan kepiawaian dan pengalaman kami pada rantai pasok pangan, kiranya bisa membantu peningkatan usaha para wanita wirausaha,” ujar Sonya dalam keterangannya, Jumat (30/8/2024).

Hal serupa juga dikemukakan oleh General Manager Perum Bulog Topan Ruspayandi ketika mengawali diskusinya bertema Tren Inovasi Produk Boga untuk Konsumen Muda pada salah satu kelas bisnis IWC.

“Bahwa konsumen muda saat ini lebih menyukai produk boga yang inovatif, sehat, mudah dan memiliki nilai tambah. Inovasi ini tidak hanya terbatas pada produk itu sendiri, tetapi juga mencakup cara penyajian dan pemasaran melalui platform digital. Milenial dan Gen Z lebih responsif terhadap produk yang otentik, namun mereka juga menuntut transparansi dalam proses produksi serta keberlanjutan lingkungan,” tuturnya.

Editor : Aditya Pratama
Artikel Terkait
Bisnis
2 hari lalu

Jamkrindo Bukukan Laba Rp1,18 Triliun hingga Kuartal III 2025

Nasional
3 hari lalu

Purbaya Sidak Pakaian Impor Ilegal di Cikarang, Ultimatum Importir Thrifting

Nasional
4 hari lalu

Prabowo Serukan Penguatan UMKM hingga Lawan Kejahatan Lintas Batas di KTT APEC

Belanja
5 hari lalu

UMKM Hadapi Tantangan, Pinjaman Tanpa Bunga Dibutuhkan Pelaku Usaha Kecil

Nasional
6 hari lalu

Menko Airlangga Proyeksi Ekonomi Digital RI Tembus Rp6.657 Triliun di 2030

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal