JAKARTA, iNews.id – Andal by Taspen, super apps dari PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN yang diluncurkan pada 2 Januari 2025 lalu terus melakukan peningkatan layanan bagi peserta. Langkah tersebut merupakan upaya TASPEN untuk memberikan kemudahan bagi peserta dalam memberikan solusi untuk mengakses layanan yang lebih mudah dan praktis lewat satu aplikasi.
Super apps TASPEN ini adalah Taspen Customer Digital Services, segala layanan digital TASPEN berada pada satu aplikasi. Berbagai layanan fitur di Andal by Taspen dapat dimanfaatkan oleh peserta TASPEN.
Layanan tersebut di antaranya Pendaftaran dan Enrollment (perekaman), Pengajuan Klaim dan Non Klaim secara online, Informasi Pensiun Bulanan, Pengisian Formulir Mandiri, Pengajuan Keluhan di Taspen Care, Update E-SPTB, Informasi Lokasi Layanan, Hak dan Kewajiban Peserta TASPEN, Estimasi Manfaat THT dan Pensiun, Lapor JKK (terjadi kecelakaan kerja), Formulir dan Persyaratan Pengajuan Klaim, Penjadwalan Kehadiran pada Mal Pelayanan Publik (MPP), Autentikasi, Informasi Produk Taspen Life, sampai Informasi Produk TASPEN.
Corporate Secretary TASPEN, Henra mengatakan bahwa layanan fitur yang ada di Andal by Taspen merupakan komitmen TASPEN untuk mendukung kemudahan peserta dalam mengakses layanan.
“Andal by Taspen diciptakan tidak hanya untuk memudahkan peserta, namun juga untuk menjawab berbagai tantangan dalam meraih tujuan pelayanan digital masa depan. Kami berharap dengan hadirnya fitur layanan di Andal by Taspen akan memberikan pengalaman layanan digital yang lebih praktis,” kataHenra.
Selain itu juga menawarkan proses autentikasi yang lebih mudah. Peserta hanya perlu melakukan swafoto (selfie) untuk pencairan dana pensiun, sehingga akan lebih mudah bagi para pensiunan yang memasuki usia lanjut. Fitur ini diharapkan dapat memudahkan peserta dalam melakukan verifikasi klaim dan layanan lainnya kapan saja dan di mana saja melalui ponsel pribadi, tanpa perlu meninggalkan rumah.