JAKARTA, iNews.id - Balai Pemberdayaan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan produk alas kaki Indonesia memiliki potensi luar biasa di pasar ekspor. Bahkan produk alas kaki Indonesia diminati di Jepang hingga AS.
Kepala BPIPI Kemenperin, Syukur Idayati, mengatakan merek sepatu lokal dapat menembus pasar ekspor karena memiliki kualitas yang baik. Hal itu terbukti dari peningkatan ekspor, sehingga industri alas kaki Indonesia turut berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi.
"Salah satu kekuatan terbesar Indonesia ada pada industri alas kaki. Data dari BPS menunjukan pada kuartal 4 tahun 2022, pertumbuhan terhadap PDB industri alas kaki sebesar 30,8 triliun rupiah dengan nilai ekspor sebesar 7,7 miliar dolar AS," kata Ida pada pameran Jakarta Sneakers Day (JSD) 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (26/2/2023).
Ida menyampaikan saat ini ada beberapa pasar ekspor yang menjadi pasar ekspor untuk merek brand lokal, mulai dari Amerika Serikat, Jepang dan Eropa.
Sementar CEO Kanky, Alfonsus Ivan Kurniadi, menilai soal kualitas brand lokal kini bisa bersanding dengan merek internasional. Apalagi sudah banyak mereka lokal yang diekspor.