Selamat, Sasa Dinobatkan sebagai Leading Brand untuk Kategori Bumbu Instan di Indonesia

Atik Untari
PT Sasa Inti kembali meraih prestasi dengan menjadi Leading Brand pada kategori Bumbu Instan di Indonesia dalam ajang Indonesia Original Brand Award. (Foto: dok PT Sasa Inti)

Prestasi ini juga mendapat respons positif dari masyarakat. Dalam komentarnya @iin*** menyatakan rasa bangganya. “Jadi bangga sebagai Duta Sasa dan pastinya selalu memberikan edukasi dan pengenalan trz kepada konsumen bahwa produk Sasa is the Best,“ tulisnya.

Hal senada dinyatakan akun @Fama***, “mantap sasa”.

Hadir sejak 1968, brand yang satu ini telah dikenal sebagai penyedap rasa nomor satu dari masa ke masa. Tidak hanya itu, namanya yang berasal dari singkatan “Sari Rasa” ini telah memiliki ratusan varian produk dengan berbagai kategori, seperti santan cair, santan bubuk, sauce, tepung bumbu, dan masih banyak lagi.

Untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat, Sasa kian hadir di berbagai marketplace di Indonesia. 

Sasa adalah salah satu perusahaan yang memang dalam perjalanannya mengalami transformasi yang luar biasa. Apalagi sejak 2019, di bawah tangan dingin seorang Chief Executive Officer sekaligus Presiden Direktur PT Sasa Inti Rudolf Tjandra, mampu mengubah citra dan persepsi Sasa. Di mana awalnya citra Sasa yang identik sebagai ‘MSG Company’ menjadi ‘Kitchen Food Brand Company’.

Tak hanya itu, stigma negatif masyarakat terhadap Monosodium Glutamat (MSG) pun berubah, dari yang dianggap tidak sehat menjadi produk yang aman dikonsumsi. 

Tak hanya itu, transformasi Sasa juga meliputi ranah komunikasi pemasaran. Rudolf membawa perusahaan ini untuk mengubah seluruh bentuk komunikasi menjadi lifestyle campaign yang modern. Pada 2020, Sasa merilis iklan bertema ‘Micin Swag Generation Nikmati Hidup Sepenuhnya’ dengan tagar #WeAreMSG yang berhasil menembus tiga juta penonton dalam sepekan. Iklan ini juga memberikan edukasi terkait MSG terbuat dari tetes tebu pilihan yang aman dikonsumsi asalkan sesuai dengan takaran dan tentunya, tidak dimakan bersama bungkusnya.

Setahun berlalu, Sasa kembali menghebohkan jagat maya lewat iklan bertajuk #SasainWonderland dan #Sasatotheworld yang terpampang di Times Square New York. 

Kampanye ‘Sasa to the World’ ini dinilai sukses besar di tengah situasi pandemi Covid-19 yang justru terbilang menjadi masa-masa menyulitkan bagi beragam lini usaha. Sasa pun berhasil menggelar berbagai kolaborasi dengan merek-merek lokal yang menjadi representasi anak muda. Bahkan, pihaknya turut menggandeng salah satu personil boyband Super Junior asal Korea Selatan, yaitu Choi Siwon sebagai brand ambassador Sasa Melezatkan dalam ‘Magical Touch of Sasa’ menjadi ‘The Wizard Chef’. 

Hingga saat ini, dia terus berusaha mengembangkan segmen pasar Milenial dan Gen Z, salah satunya dengan menerapkan omnichannel marketing dengan mengintegrasikan penjualan offline dan online, baik melalui media konvensional dan digital. 

Khusus untuk segmen pasar yang satu ini, Rudolf mengaku tengah gencar membangun awareness dan engagement melalui kanal-kanal digital, seperti media sosial, platform over-the-top (OTT), dan lain-lain. Perusahaan tersebut juga mengembangkan sayapnya ke berbagai kanal digital, seperti e-commerce dengan toko resmi di marketplace maupun SasaNutrition Store. 

MPI Content

Editor : Anindita Trinoviana
Artikel Terkait
Music
1 tahun lalu

Rangkaian Tur Ditutup Istimewa, Sheila On 7 Sukses Guncang 35 Ribu Penonton

Health
1 tahun lalu

Peduli Fenomena Insecurity Generasi Muda, SASA Luncurkan Kampanye #BeYouBeConfident

Bisnis
2 tahun lalu

Strategi Kompetitif Antara Produk Lokal Konsumen di Asia Tenggara

Kuliner
2 tahun lalu

Sasa Santan Omega 3, Rahasia Hidangan Sehat Idul Adha di Rumah

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal