Dengan adanya testimoni ataupun review nyata dari konsumen, tentu akan memperkuat reputasi dan posisi produk tersebut di pasar global.
6. Sesuaikan produkmu untuk memenuhi kebutuhan pasar global
Jika memang produk yang akan diberikan kepada pasar tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tentu produk perlu disesuaikan kembali agar dapat memenuhi kebutuhan pasar. Karena pada akhirnya, produk yang sesuai dengan nilai dan kebutuhan tak hanya lebih berpotensi mencetak keuntungan bagi brand secara penjualan, namun juga bisa menguatkan citra brand di pasar yang baru tersebut.
Kemudian, peka secara sosial-budaya tentu menjadi penting dalam membantu kita menyesuaikan diri dengan pasar yang baru. Memahami hal-hal sederhana, seperti konteks sosial dan budayanya, kebiasaan atau normanya, tentu akan membantu melihat jika produk kita sudah sesuai dengan nilai dan kebutuhan masyarakat setempat.
Demikian 6 cara jitu bikin produk lokal menembus pasar dunia yang bisa diterapkan pelaku usaha atau Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis. Selamat mencoba.