Ilustrasi rambut rontok. (Foto: dok Moneter)
Rizqa Leony Putri

JAKARTA,iNews.id - Rambut rontok sebenarnya merupakan hal yang normal. Namun, jika berlangsung terus-menerus dalam jumlah yang banyak, kondisi itu dapat mengganggu penampilan. Rambut rontok yang berlebihan dapat membuat kepala terlihat botak. Beruntung, saat ini ada banyak produk perawatan yang bisa digunakan untuk mengatasinya.

Nah, sebelum melakukan tindakan perawatan pada rambut, terlebih dahulu ketahui apa saja penyebab rambut rontok. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1.  Stres

Beratnya tekanan yang dihadapi setiap hari rentan menimbulkan stres pada seseorang. Stres tidak boleh dianggap sepele karena bisa menyebabkan masalah kesehatan, termasuk masalah pada rambut. Normalnya, rambut yang rontok setiap hari akan digantikan dengan rambut baru sehingga ketebalan rambut kurang lebih tetap sama.

Stres dapat menyebabkan timbulnya alopecia areata. Kondisi ini menyebabkan kerontokan rambut yang parah sehingga kepala menjadi botak. Selain itu, ada pula yang disebut telogen effluvium yaitu kondisi ketika rambut yang tidak tumbuh dengan normal. Akibatnya, rambut akan semakin menipis karena rontok setiap hari tetapi tidak diimbangi dengan rambut baru.

2.  Perubahan Hormon

Perubahan hormon pada wanita juga dapat menyebabkan kerontokan rambut yang bersifat parah. Ada dua hormon yang utama dalam tubuh wanita, yaitu estrogen dan progesteron. Keduanya memiliki peran penting dalam proses reproduksi wanita.

Kadar hormon dalam tubuh wanita bisa berubah seiring masa-masa tertentu, misalnya menstruasi, kehamilan, atau menopause. Perubahan tersebut tidak hanya berefek terhadap mood atau kondisi emosional, tetapi juga kondisi rambut. Ketika hormon estrogen dalam tubuh wanita menurun, risiko rambut rontok biasanya akan lebih besar.

3.  Kekurangan Gizi

Kekurangan gizi ternyata dapat membuat rambut lebih mudah rontok. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, asam folat, serta zat besi dalam tubuh. Vitamin A yang tidak memadai pun dapat menyebabkan rambut terlihat kusam dan kulit kepala tidak sehat. Jika kekurangan vitamin C, rambut bisa pecah-pecah karena kolagen untuk kebutuhan rambut terhambat.

Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung protein juga dapat memicu masalah rambut rontok. Hal ini tidak mengherankan karena sebagian besar struktur rambut adalah protein. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung makanan bergizi. Selain itu, penuhi kebutuhan vitamin dan mineral melalui produk perawatan rambut yang tepat.

4.  Menderita Penyakit

Penyakit juga dapat menjadi faktor pemicu rambut rontok. Ada beberapa penyakit yang tanpa disadari ternyata berperan dalam hal ini, misalnya anemia, tiroid, lupus, dan sebagainya. Anemia misalnya, yaitu kurangnya zat besi dalam tubuh, dapat memengaruhi sel-sel folikel rambut sehingga tidak bisa tumbuh dengan normal.

Orang yang menderita penyakit tiroid juga dapat mengalami kerontokan rambut. Hal ini disebabkan oleh kondisi hipertiroid atau hipotiroidisme. Kondisi tersebut membuat produksi hormon pada kelenjar tiroid terganggu dan berpengaruh terhadap pertumbuhan akar rambut.

Rambut yang rontok pun tidak bisa digantikan dengan segera sehingga menimbulkan penipisan rambut. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena kondisi ini biasanya hanya sementara. Anda juga menggunakan produk perawatan rambut tertentu untuk mengatasi masalah tersebut.

5.  Efek Samping Obat

Konsumsi obat tertentu ternyata dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan. Meskipun efek samping ini tidak berbahaya dan biasanya hanya bersifat sementara, Anda perlu mengetahuinya supaya tidak kaget.

Salah satunya, ketika menjalani perawatan kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker. Obat yang digunakan pada perawatan tersebut juga akan menyerang jaringan seperti akar rambut sehingga menyebabkan kebotakan.

Jenis obat lain yang menimbulkan efek samping rambut rontok adalah jenis obat untuk epilepsi, antidepresan, pengencer darah, dan sebagainya. Selain itu, pil kontrasepsi juga bisa berpotensi menyebabkan rambut rontok. Karena itu, sangat penting untuk mengenali jenis obat yang akan diminum. Ketahui apa saja kegunaannya, serta efek samping yang ditimbulkan.

Demikian penjelasan singkat mengenai penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya. Apakah Anda juga mengalaminya? Jangan tunda untuk membeli produk yang tepat untuk perawatan rambut, termasuk sampo yang cocok untuk kulit kepala. Anda bisa mencari produk ini dan berbagai produk kecantikan lain di Shopee dengan harga yang lebih terjangkau pada puncak promo 12.12 Birthday Sale Shopee.

Untuk memudahkan pembayaran, manfaatkan metode Shopee Cash On Delivery atau bayar di tempat saat membeli produk, khususnya bagi yang tinggal di wilayah Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTT, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Jadi, tak ada halangan lagi untuk mendapatkan rambut kuat dan berkilau sempurna.

(CM)


Editor : Rizqa Leony Putri

BERITA TERKAIT