JAKARTA, iNews.id - Perbedaan qalqalah kubra dan sugra harus diketahui oleh umat Islam. Pasalnya, hal tersebut berhubungan dengan cara membaca Al-Qur’an secara baik dan benar.
Sebagaimana yang telah diketahui, qalqalah merupakan salah satu dari hukum ilmu tajwid. Sedangkan ilmu tajwid dibutuhkan agar seseorang dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil.
اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ
Artinya: Atau lebih dari seperdua itu, Dan bacalah al-Quran itu dengan perlahan-lahan. (QS. Surat Al Muzzamil: 4)
Adapun penjelasan mengenai perbedaan antara qalqalah kubra dan sugra adalah sebagai berikut.
Qalqalah berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti memantul. Menurut istilah, qalqalah adalah salah satu hukum tajwid yang membuat pembacanya harus memantulkan huruf-huruf yang dibaca dari makhrajnya.
Sebuah bacaan dapat dihukumi qalqalah jika terdapat huruf qalqalah yang mati karena mendapat sukun di tengah kalimat, berhenti di tengah-tengah ayat, atau dibaca waqaf di akhir kalimat.
Adapun sederet huruf qalqalah yang dimaksud adalah ba (ب), jim (ج), dal (د), ta (ط), dan qaf (ق) atau dapat disingkat dengan qatbujadin.
Lantas, bagaimana dengan qalqalah kubra dan sugra?
Salah satu jenis dari qalqalah adalah qalqalah kubra, yang berarti ‘memantul dengan cukup besar’. Maksudnya, huruf qalqalah pada jenis ini harus dibaca dengan pantulan yang keras.
Namun perlu diketahui, sebuah bacaan dapat dihukumi qalqalah kubra jika huruf qalqalah yang berada di akhir kalimat dibaca mati karena mendapat waqaf. Adapun sejumlah contoh dari qalqalah kubra adalah sebagai berikut.
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ
Qul huwallaahu ahad Allahush shomad Lam yalid walam yuulad wa lam yakunlahuu kufuwan ahad.
Dalam ayat 1 sampai 4 dalam surat Al Ikhlas tersebut, terdapat beberapa bacaan dari qalqalah kubra, yakni bagian ‘ahad’, ‘shomad’, ‘yalid’, ‘yuulad’, dan ‘ahad’. Hukum tersebut ditetapkan lantaran huruf qalqalah pada bacaan di atas mati karena dibaca waqaf di akhir kalimat.