Machica Mochtar bersama keluarga. (Foto: IG)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id - Dunia musik dangdut sudah tidak asing dengan Machica Mochtar. Penyanyi era 1980-an ini mulai melejit di era 1990-an dan terkenal dengan salah satu album musik dangdutnya yakni berjudul ‘Ilalang’.

Meski dikenal sebagai penyanyi dangdut, Machica Mochtar rupanya juga menguasai musik-musik genre lain. Mulai dari pop, musik rock, hingga lagu-lagu Mandarin, lho!

Berikut 5 fakta menarik Machica Mochtar seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/10/2021). 

1. Menyanyi dari kecil

Terkenal di era 1990-an, Machica Mochtar rupanya sudah mulai bernyanyi sejak kecil. Saat itu, perempuan kelahiran Makassar ini mengikuti sang ayah yang juga merupakan seorang penyanyi. Ayahnya itu pula yang mewarisi bakat menyanyi untuk Machica Mochtar. Kemudian, di usia belasan tahun, Machica sudah berhasil masuk tv, yaitu di TVRI Makassar.

2. Kuasai genre pop hingga rock

Sebelum terkenal jadi penyanyi dangdut, Machica Mochtar sempat menyanyikan lagu-lagu bergenre pop hingga rock. Dia bahkan mempunyai album pop menggunakan nama Chica Mochtar. Dia baru terkenal sebagai penyanyi dangdut usai merilis album Ilalang yang meledak di pasaran pada era 1990-an.

3. Pernah menjadi penyanyi Mandarin

Sebelum tenar, Machica sempat bernyanyi di panggung, klub, hingga restoran di Surabaya. Tak hanya itu, perempuan kelahiran 20 Maret 1970 ini juga pernah menjadi seorang penyanyi Mandarin.

4. Menikah siri dengan Moerdiono

Di tengah kepopulerannya pada era 1990-an itu memberi kesempatan bagi Machica untuk kenal dan dekat dengan Menteri Sekretaris Negara pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, Moerdiono. 

Keduanya lalu menikah secara siri pada 20 Desember 1993. Hasil perkawinan pelantun lagu Ilalang itu, dikaruniai anak laki-laki yang diberi nama Muhammad Iqbal Ramadan pada 5 Februari 1996 sebelum keduanya bercerai di tahun 1998.

5. Menikah lagi dengan pria asal Pakistan

Setelah cerai, dia lalu menikah lagi dengan pria Pakistan, Chalid Mahmud, dan mempunyai seorang anak perempuan. Mereka sempat dikabarkan resmi bercerai pada 28 Januari 2015. 

Namun, hubungan itu tampaknya rekat lagi jika dilihat dari Instagram pribadi Machica Mochtar. Dia terlihat beberapa kali mengunggah foto berdua dengan Chalid. Dia bahkan menyebutnya sebagai ‘jodoh abadi’ dan telah memperingati hari jadi pernikahan selama 18 tahun.

“18 tahun pernikahan bukan waktu dan masa yg singkat.. mempertahankan dan memperbaiki..tak ada manusia yg sempurna..” tulis Machica Mochtar di bulan Februari tahun 2020.


Editor : Dyah Ayu Pamela

BERITA TERKAIT