Lima pelawak legendaris paling dikenang berkat karya dan gaya mereka yang ikonik. (Foto: Instagram)
Andaru Danurdana

JAKARTA, iNews.id– Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya budaya. Bisa dilihat salah satunya dari dunia hiburan, di mana Indonesia memiliki banyak pelawak legendaris dari berbagai daerah. Para pelawak itu hingga kini sangat melegenda dan selalu  dikenang sepanjang masa. 

Tak hanya berperan di atas panggung teater, beberapa aktor lawak Indonesia juga berkontribusi dalam industri film dan musik Indonesia. Tak jarang, film-film dan lagu-lagu para komedian meledak di pasaran berkat persona mereka yang jenaka. 

Penasaran siapa saja para pelawak yang melegenda? Berikut ini adalah lima aktor komedi legendaris Indonesia yang karya-karyanya dikenang sepanjang masa: 

1. Benyamin Sueb

Bicara komedian, tentunya tak afdol jika tak bicara Benyamin. Aktor dan musisi komedi Indonesia ini lahir pada 1939 dan wafat pada 1995. Selama 56 menjejakkan kaki di dunia hiburan, Benyamin menjadi salah satu pelopor industri lawak Indonesia dengan lagu-lagu dan film-filmnya. Tercata semasa hidupnya, Benyamin telah menghasilkan sekitar 75 album musik dan 53 judul film yang dia produksi sejak era 1950-an. Beberapa filmnya yang populer dan melegenda antara lain Benyamin Biang Kerok, Si Doel Anak Betawi, dan Tarzan Kota. 

pelawak legendaris paling dikenang berkat karya dan gaya mereka yang ikonik. (Foto: Instagram)

2. Kang Ibing

Kang Ibing lahir dengan nama Raden Aang Kusmayatna Kusiyana Samba Kurnia Kusumadinata. Dia adalah aktor kelahiran 1946 yang merupakan bagian dari grup lawak De’Kabayan bersama Aom Kusman dan Suryana Fattah. Turut aktif dalam kesenian Sunda, Kang Ibing juga menjadi sosok aktor yang lekat dengan image Si Kabayan. Wafat pada 2010 lalu, Kang Ibing semasa hidupnya sudah berperan dalam berbagai film seperti Si Kabayan, Si Kabayan dan Gadis Kota, dan Warisan Terlarang. 

pelawak legendaris paling dikenang berkat karya dan gaya mereka yang ikonik. (Foto: Instagram)

3. Jojon

Penggemar dunia hiburan Indonesia pasti kenal dengan sosok Jojon. Dia tenar berkat kumis ala Hitler dan juga celananya yang selalu dipasang tinggi-tinggi. Imej Jojon selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia sejak dia aktif di dunia hiburan sejak 1975 silam. Jojon pun sering berperan di film seperti Tiga Dara Mencari Cinta, Barang Antik. Sementara di televisi, dia tampil di Mandragade hingga Zorro Jantuk Betawi, Jojon juga sempat merilis album pop Sunda berjudul Pamali. Pria bernama lengkap Djuhri Masdjan ini wafat pada 2014 akibat serangan jantung. 

pelawak legendaris paling dikenang berkat karya dan gaya mereka yang ikonik. (Foto: Instagram)

4. Abah Us Us

Abah Us Us, bernama asli Achmad Yusuf Warga Pranata, adalah pelawak kelahiran Bandung yang aktif di dunia hiburan sejak 1950-an akhir. Tenar bersama grup lawaknya D’Bodors bersama Kang Uyan, Kang Safa, dan Kang Engkus, Abah Us Us dikenal berkat penampilan ikoniknya yang sering menyematkan peniti besar di bajunya. Wafat pada 2010, sepanjang karirnya Abah Us Us telah membintang banyak film seperti Djuara Sepatu Roda dan Gembira Bersama Tante hingga tahun 90-an seperti Jual Tampang. 

pelawak legendaris paling dikenang berkat karya dan gaya mereka yang ikonik. (Foto: Instagram)

5. Asmuni

Di dunia lawak Indonesia, Jojon bukanlah satu-satunya pelawak yang terkenal dengan kumis Hitler. Sebelum Jojon, pelawak Asmuni sudah lebih dulu memasang kumis persegi tepat di bawah hidung. Asmuni juga sangat identik  dengan blangkon saat tampil bersama para pelawak di grup Srimulat. Aktif sejak 1950, Asmuni menjadi pelawak sejak bertemu dengan komedian Bing Slamet dan mulai tenar ketika direkrut oleh pendiri Srimulat pada 1976 silam. Semasa hidupnya, Asmuni sudah membintangi banyak film yang dimulai dengan Raja Pungli, Senjata Rahasia Nona, Montir-Montir Cantik, Cintaku di Rumah Susun, hingga Nyoman Cinta Merah Putih.

pelawak legendaris paling dikenang berkat karya dan gaya mereka yang ikonik. (Foto: Instagram)

Editor : Elvira Anna

BERITA TERKAIT