Kota Paling Mematikan di Dunia salah satunya Tijuana Meksiko. (Foto: iStock)
Umaya Khusniah

JAKARTA, iNews.id - Tujuh kota paling mematikan di dunia ini membuat kita mungkin berpikir dua kali untuk mendatanginya. Tingkat pembunuhan sangat tinggi seolah menghilangkan nyawa orang lain merupakan hal biasa. 

Tingkat pembunuhan di kota-kota ini erat sekali hubungannya dengan kemiskinan dan persaingan antargeng narkoba. Tak jarang aksi baku tembak terjadi di jalanan. 

Menurut laporan Dewan Warga untuk Keamanan Publik dan Peradilan Pidana, berikut tujuh kota paling mematikan di dunia: 

1. Tijuana – Meksiko

Tijuana adalah kota paling mematikan di dunia. Kota ini memiliki tingkat pembunuhan mencapai 138 pembunuhan per 100.000 orang. 

Artinya hampir tujuh orang terbunuh setiap hari di kota yang berpopulasi 2.049.413 ini. 

Kota Tijuana terkenal dengan kemiskinan dan kejahatan kekerasan seperti pemerkosaan, pembunuhan, dan penculikan. Alasan utama di balik kekerasan ini yakni perdagangan manusia dan narkoba yang dilakukan oleh geng yang berbeda. 

Alasan lain terjadinya kekerasan yakni persaingan antara kartel Sinaloa dan Tijuana.

2. Acapulco – Meksiko

Acapulco juga merupakan salah satu tempat paling mematikan di dunia. Tingkat pembunuhan di kota ini mencapai 111 per 100.000 orang.
 
Padahal, dulu kota yang kini berpenduduk 779.566 ini merupakan taman bermain untuk lokasi syuting Hollywood.  Sayangnya, saat ini semua berubah. 

Perang terkait narkoba kerap terjadi di jalanan. Ada sejumlah geng narkoba di kota ini seperti 221 dan Los Locos. Anggota geng mereka terdiri atas penculik, pembunuh, pemeras, pencuri mobil, dan sebagainya. 

Kekerasan yang tidak terkendali menjadi alasan utama kehancuran industri pariwisata kota ini. Aksi kriminal menakuti warga juga wisatawan. Bahkan jika ingin mengunjungi kota ini, Anda harus bepergian dengan kendaraan antipeluru untuk perlindungan.

3. Caracas – Venezuela

Caracas telah dinobatkan sebagai ibu kota paling berbahaya di dunia pada tahun 2017. Masih masuk dalam daftar tiga tempat paling mematikan di dunia. 

Kota paling mematikan di dunia salah satunya Caracas, Venezuela. (Foto: commons.wikimedia.org)

Di kota dengan populasi 2.682.801 ini, tingkat pembunuhan mencapai 100 per 100.000 penduduk. Kekerasan terjadi karena kemiskinan dan hukum dan ketertiban yang buruk.

4. Ciudad Victoria, Meksiko

Kota ini menjadi salah satu yang paling mematikan di Meksiko. Jumlah populasi kota ini mencapai 349.688. 

Tingkat pembunuhan kota ini mencapai 86 per 100.000 orang. Pembunuhan biasanya terjadi dalam baku tembak antara kelompok kriminal dan polisi dan militer. Selain itu, pembunuhan juga biasa terjadi antarkartel narkoba yang bersaing dan kekerasan di penjara.

5. Cuidad Juarez, Meksiko

Cuidad Juarez merupakan tempat yang banyak menyediakan hiburan musik keras dan kelab malam. Sayang, pariwisata kota ini lenyap karena tingginya tingkat kejahatan. 

Kota dengan populasi  1.512.450 ini memiliki tingkat pembunuhan sama dengan Ciudad Victoria dengan 86 per 100.000 penduduk.

Wisatawan harus sangat berhati-hati dan waspada jika terjadi pembajakan mobil, pencurian, perampokan, perampokan, dan pembunuhan. Warga disarankan bepergian dengan kendaraan tahan peluru untuk menghindari ketidaknyamanan.

6. Irapuato – Meksiko

Jumlah populasi kota ini mencapai  866.370. Kota ini memiliki tingkat pembunuhan mencapai 81 per 100.000 orang. 

Kekerasan ini terjadi karena perang wilayah antara Kartel Santa Rosa de Lima dan Generasi Baru Kartel Jalisco.

Kota paling mematikan di dunia, salah satunya Irapuato, Meksiko. (Foto: Britanica.com)

Banyak video menunjukkan gambaran yang jelas tentang penembakan massal di bar atau pria dengan senapan serbu. Polisi setempat menyerahkan masalah ini ke tangan pemerintah federal. Sayang, pemerintah federal masih belum mampu menangani kekerasan ini sejauh ini.

7. Ciudad Guayana – Venezuela

Pembunuhan dan kejahatan kekerasan lainnya adalah salah satu perhatian utama di Venezuela. Ciudad Guayana adalah kota paling mematikan kedua di Venezuela dengan 78 pembunuhan dalam 100.000 orang. 

Pengunjung harus sangat berhati-hati saat menjelajahi kota dengan populasi 758.490 ini. Pasalnya, banyak kejahatan terjadi seperti pemerkosaan, pembunuhan, dan kekerasan seksual. Hal ini terjadi karena geng terorganisir dan kesulitan ekonomi.


Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT